AktualPublikasi

HUT Kota Pasuruan, Wali Kota Pasuruan Sampaikan Capaian Kinerja Pemerintah Kota Pasuruan

Pasuruan Kota Madinah. Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sampaikan capaian kinerja Pemerintah Kota Pasuruan yang telah diraih saat peringatan HUT Kota Pasuruan ke-366 tahun. Peringatan HUT ini dilaksanakan di Gedung Gradika Bakti Praja, Selasa (08/02/2022).

Dalam kesempatan ini Gus Ipul memaparkan capaian prestasi yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dalam satu tahun. Seperti tercapainya WTP dari BPK, berhasil menuntaskan RTRW dan RDTRW, lalu meraih nilai Monitoring Center for Prevention (MCP) mencapai 85 dimana semula 44.

“Dapat saya laporkan Nanti pada tanggal 26 Februari 2022, tepat satu tahun kepemimpinan saya dan Mas Adi, Alhamdulillah selama satu tahun ini kami dapat meraih kembali opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK, “ kata Gus Ipul.

Selain WTP , Gus Ipul juga mengungkapkan bahwa Pemkot berhasil menuntaskan RTRW dan RDTRW dimana sejak tahun 2011 belum pernah ada perubahan.

“Ini sudah lama sejak 2011 belum pernah ada perubahan RTRW Kota Pasuruan. Kini investor tidak perlu ragu lagi masuk Kota Pasuruan karena RTRW telah tuntas,” ungkapnya

Pemerintah Kota Pasuruan juga berhasil meraih nilai Monitoring Center for Prevention (MCP) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang cukup tinggi. MCP adalah upaya pencegahan korupsi yang dinilai secara langsung oleh KPK.


“Ketika awal dilantik nilai MCP kita 44 tapi akhir tahun kemarin alhamdulillah kita berhasil mencapai 85. Ini berkat kerja keras kita bersama,” pungkas Gus Ipul.

Gus Ipul juga menyampaikan bahwa di tahun ini, pembangunan Kota Pasuruan akan difokuskan pada pembangunan yang mampu meningkatkan potensi wisata.

Potensi wisata yang akan dibangun adalah memadukan wisata religi Makam KH Abd Hamid, alun-alun; serta kawasan pelabuhan Tanjung Tembikar dan heritage bangunan bersejarah Kota Pasuruan. (fit)