Wakil Walikota Pasuruan pada hari Senin tanggal 26 Februari 2018 bertempat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan secara resmi membuka lomba story telling, lomba cerdas cermat sejarah kebangsaan Indonesia dan lomba menyanyi keroncong. Lomba-lomba tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pasuruan ke 332 Tahun 2018. Dalam kesempatan ini hadir Asisten Perekonomian Dan Pembangunan, Staf Ahli Bidang Ekonomi Dan Pembangunan Para Kepala OPD, Ketua Dewan Pendidikan Kota, Para Pengawas SD dan SMP, Para Kepala Sekolah SMP/MTs Se-Kota, Para guru serta peserta lomba.

“ Tujuan dari kegiatan lomba adalah meningkatkan motivasi dan kemampuan peserta didik dalam penguasaan bahasa nasional dan internasional, menyiapkan peserta didik dalam berkomunikasi dan berbahasa asing dalam menghadapi era persaingan global, meningkatkan sumber daya generasi penerus bangsa yang memiliki kesadaran hak, kewajiban dan kehormatan serta tanggung jawab yang tinggi dalam pembelaan negara, yang nantinya diharapkan mampu menjadi duta dalam mengimplementasikan kecintaan terhadap NKRI, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, keyakinan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara yang berdasarkan UUD, membantu siswa mengingat sekaligus memahami sejarah dan perjuangan bangsa serta mewujudkan generasi kreatif dan inovatif melalui wawasan kebudayaan dan perjuangan bangsa serta agar generasi muda dapat mengenal dan mencintai lagu-lagu daerah yang berasal dari Indonesia sendiri, sehingga para siswa dapat mengembangkan bakat dan budaya daerah “. Demikian laporan Kepala Dinas P dan K Kota Pasuruan Bapak Drs. Suhariyanto.

“ Kepada para peserta lomba, diharapkan untuk tetap menjaga ketertiban serta kenyamanan dengan mengikuti tata cara serta aturan yang berlaku yang telah diberitahukan sebelumnya serta mampu menunjukkan sportifitas yang tinggi. Serta merupakan figur-figur yang diharapkan nanti bisa menularkan sikap-sikap perilaku sebagaimana orang berkehidupan berbangsa dan bernegara. “Demikian harapan Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST.

Perlu diketahui peserta lomba story telling diikuti oleh 32 siswa, lomba cerdas cermat sejarah diikuti 32 sekolah dan lomba menyanyi keroncong diikuti oleh 42 peserta. Untuk menjaga obyektifitas lomba, juri lomba tidak berasal dari guru SMP/MTs. Juri lomba story telling, lomba cerdas cermat sejarah dan kebudayaan Indonesia, dan lomba menyanyi keroncong jenjang SMP/MTs terdiri dari guru SMA, Guru SMK, pengawas SMP dan komunitas keroncong Pasuruan Kota. Sedangkan babak penyisihan dilaksanakan tanggal 26 sampai dengan tanggal 28 Debruari 2018 dan babak final dilaksanakan tanggal 1 Maret 2018.

Pada babak final akan ditentukan pemenang 1,2 dan pemenang 3. Pemenang 1,2 dan 3 akan mendapat hadiah dan piagam penghargaan pemenang dari Dinas P dan K Kota Pasuruan. Pemenang 1 akan mewakili Kota Pasuruan pada lomba di tingkat Provinsi Jawa Timur.