AktualPublikasi

Setahun Pimpin Kota Pasuruan, Gus Ipul-Mas Adi Berhasil Tingkatkan Ekonomi 3,4 persen

Pasuruan Kota Madinah. Hari ini, genap satu tahun Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Adi Wibowo S.TP., M.Si (Mas Adi) memimpin Kota Pasuruan. Beragam capaian ditorehkan Gus Ipul dan Mas Adi dalam membangun Kota Pasuruan.

Capaian-capain itu disampaikan dalam acara Refleksi Satu Tahun Gus Ipul-Mas Adi di Gedung Gradika, Kota Pasuruan, Sabtu (26/02/2022).

Di bidang ekonomi, pada tahun 2020 perekonomian di Kota Pasuruan mengalami minus akibat pandemi Covid-19. Pertumbuhan ekonomi pada tahun itu -4,33 persen.

Lalu pada tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Kota Pasuruan meningkat 3,4 persen. Di tahun ini, jumlah usaha mikro di Kota Pasuruan juga meningkat.

Data yang disampaikan Gus Ipul, jumlah usaha mikro sebelum tahun 2020 sebanyak 6.345 dan ditahun 2021 meningkat secara signifikan sebanyak 12.594.

“Jumlah UMKM yang dibina juga meningkat. Tahun 2020 ada 632 yang dibina, sementara tahun 2021 meningkat menjadi 1.312 UMKM,” ujar Gus Ipul.
Tak hanya itu, janji politik untuk memberdayakan perempuan kepala keluarga juga segera direalisasikan. Pemkot mencatat ada 814 perempuan kepala keluarga di Kota Pasuruan yang bakal diberdayakan.

Pemberdayaan itu yakni berupa pemberian pelatihan, pemberian bantuan wanita rawan sosial ekonomi, dan fasilitasi permodalan.

Selain bidang ekonomi, kinerja Gus Ipul-Mas Adi dalam mewujudkan visi “Indah Kotanya” juga menunjukkan capaian-capaian positif seperti kawasan wilayah kumuh yang berkurang dari 59,61 Ha menjadi 32,17 Ha.
Kemudian di bidang pemerintahan, Pemkot Pasuruan meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan setelah dua tahun berturut-turut mendapat opini wajar dengan pengecualian (WDP).

Namun begitu, Gus Ipul mengatakan, ke depan pemkot akan fokus menggarap sektor pariwisata. Tahun ini ada beberapa lokasi yang bakal disulap menjadi titik pariwisata Kota Pasuruan yakni Alun-Alun Kota Pasuruan dan Pelabuhan Kota Pasuruan.
Ia berharap dengan adanya revitalisasi pada alun-alun dan pelabuhan, ekonomi masyarakat, khususnya para pelaku UMKM dapat merasakan manfaatnya.

“Kita akan mempercantik kota dengan anggaran yang terbatas. PR kita masih banjir, ini PR besar kita yang akan kita tuntaskan pelan-pelan ke depan,” imbuh Gus Ipul. (Fit)