AktualPublikasi

Pimpin Apel Rutin, Wawali Mas Adi Tekankan ASN untuk Tingkatkan Disiplin

Pasuruan Kota Madinah. Pemerintah Kota Pasuruan kembali melaksanakan apel rutin setiap tanggal 17. Dimana hal ini selaras dengan peraturan pemerintah atau PP nomor 94 tahun 2021 tentang disiplin pegawai negeri sipil atau PNS. Apel ini diselenggarakan di depan halaman kantor BKD Kota Pasuruan, Kamis (17/03/2022).

Apel ini diikuti ASN di lingkungan pemerintah Kota Pasuruan baik secara langsung maupun virtual,  dan dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, S.TP, M.Si (Mas Adi).

Dalam kesempatan ini,  Mas Adi menyampaikan pesan dari Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Pemerintah Kota Pasuruan telah menetapkan RPJMD 2021-2026 tujuan ditetapkannya RPJMD tersebut adalah sebagai pedoman arah pembangunan kota Pasuruan serta sebagai tolak ukur dalam melakukan evaluasi kinerja tahunan setiap perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan

“RPJMD telah terinci 9 agenda prioritas dan 10 program super prioritas untuk mewujudkan Pasuruan Kota Madinah yaitu Maju Ekonominya, Indah kotanya dan Harmoni Warganya, agenda RPJMD akan terwujud apabila seluruh jajaran karyawan dan karyawati Pemerintah Kota Pasuruan  mempunyai kinerja, berdedikasi, disiplin, jujur dan bertanggung jawab serta memahami target kerja masing-masing,” ujarnya.

Gus Ipul juga berpesan agar Perangkat Daerah berkomitmen untuk lebih tertib melaksanakan pengelolaan keuangan mulai dari tahap perencanaan, penatausahaan dan pertanggungjawaban serta pengelolaan keuangan dan Aset daerah agar predikat opini wajar tanpa pengecualian atau WTP dalam setiap laporan hasil pemeriksaan keuangan Pemerintah Kota Pasuruan oleh BPK RI tetap dipertahankan.

“Saya ingin mengajak kepada seluruh ASN agar bekerja lebih baik walaupun pada situasi pandemi, jangan jadikan situasi ini sebagai hambatan tetapi jadikan sebagai dorongan untuk meningkatkan potensi diri agar mampu lebih kreatif,”katanya.

“saya juga menekankan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan untuk senantiasa menjaga kebersihan diri maupun lingkungan yang akan menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing, Mari kita bersama-sama berpedoman pada slogan Pasuruan resik dengan harapan kita akan selalu mengingat kembali akan arti penting dalam menjaga kebersihan,” imbuhnya

Setelah membacakan arahan dari Wali Kota Pasuruan, Mas Adi menambahkan bahwa ASN sebagai aparatur Pemerintah dan Abdi masyarakat diharapkan selalu siap sedia menjalankan tugas yang telah menjadi tanggung jawabnya dengan baik.

“Seorang ASN diperlukan pengembangan dan penerapan sistem pertanggungjawaban yang tepat, jelas, terukur dan legitimate/logis. Sehingga, penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berlangsung secara berdaya, berhasil, bersih dan bertanggung jawab serta bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme,” ujar Mas Adi.

Mas Adi juga menyampaikan momentum rutin yang dilaksanakan setiap tanggal 17 dalam rangka membangun solidaritas di Pemerintah Kota Pasuruan.

“Kegiatan ini tidak hanya sebagai rutinitas tetapi disikapi sebagai memperbaharuan kembali semangat kerja dan sikap disiplin dalam pelaksanaan tugas,” tegasnya.

Mas Adi juga menegaskan bahwa sebagai ASN harus mampu memberikan contoh yang baik dan tauladan bagi masyarakat khususnya dalam pelayanan publik.

“Karena masyarakat mempunyai ekspetasi yang tinggi terhadap layanan pemerintahan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi,” tandasnya. (rdm/fit)