AktualPublikasi

Hadiri RUPS, Ini Solusi Gus Ipul Agar BPR tidak Rugi

Pasuruan Kota Madinah. Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menginginkan BPR dapat bekerjasama dengan ASN untuk mengupayakan lebih banyak dana yang dapat diserap. Hal itu disampaikan saat membuka Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Pengkreditan rakyat (BPR) di Rumah Dinas Wali Kota Pasuruan, Senin (21/03/2022).

“Kita bisa bekerjasama dengan semua para ASN kita, karena di BPR ini nasabah dari ASN juga sudah banyak. Harusnya BPR tidak boleh rugi,” jelas Gus Ipul

Dalam meningkatkan penyerapan dana melalui nasabah, BPR Kota Pasuruan memiliki program simpanan seperti halnya, Deposito, Simpanan Anak Sekolah (SIMAS), Simpanan Masyarakat Kota (SIMKOT), Simpanan Kaleng (SIMKA), Simpanan Hari Raya (SIMAHAR), dan TABUNGANKU.

Gus Ipul juga menyampaikan bahwa, untuk mengatasi permasalahan persaingan bunga. BPR dapat memobilisasi tabungan para ASN. Dengan program yang di tawarkan oleh BPR, banyak para ASN yang mengikuti program SIMAHAR. ASN cukup menabung mulai dari 50 ribu, 100 ribu atau 700 ribu. Nantinya uang simpanan dapat diambil menjelang lebaran. Uang tabungan tetap utuh, sedangkan bunganya berupa sembako.

“ Kita bisa memobilisasi dari tabungan ASN dengan cara ASN mengikuti paket ini, dengan begitu kita bisa menginisiasi bunga yang masih mahal. Saya pingin ASN nya kota pasuruan ini arisan sembako, seminggu 10 ribu yang nanti hasilnya berupa sembako,” jelas Gus Ipul

Karena prosesnya yang cepat dan mudah, pinjaman rentenir masih jadi pilihan bagi masyarakat untuk mendapatkan dana cepat saat membutuhkan uang, terutama untuk keperluan mendesak.

“Saya ingin BPR sistem nagihnya seperti sistemnya rentenir (bank titil), punya tukang-tukang tagih yang memumpuni. Biar orang-orang yang punya tanggungan bisa segera di selesaikan,” ujar Gus Ipul

Lanjut, Gus Ipul juga mengapresiasi BPR Kota Pasuruan masih bisa bertahan dan mampu meningkatkan jumlah target capaian dan meningkatkan kredibelitasnya. Sehingga, semakin menambah kepercayaan masyarakat. Meskipun di atas kertas sudah cukup baik.

“Saya mengapresiasi kinerja BPR yang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, Meskipun di atas kertas sudah cukup baik,” ujar Gus Ipul. (lut/fit)