AktualPublikasi

Gus Ipul Minta Pokdarwis Lebih Berperan Aktif Mengelola Wisata Kota Pasuruan

Pasuruan Kota Madinah. Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) meminta kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk lebih berperan aktif dalam mengelola wisata Kota Pasuruan. Hal ini disampaikan Gus Ipul saat membuka acara Pelatihan Tata Kelola, Bisnis dan Pemasaran Destinasi Pariwisata di Holel Dalwah, Selasa (29/03/2022)malam.

“Mari kita belajar kepada yang sudah sukses mengelola wisata, amati tiru dan modifikasi, serta kita harus proaktif. Misal saja, pak lurahnya tidak support maka bisa ke camat,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul juga menyampaikan bahwa wisata merupakan lokomotif pembangunan Kota Pasuruan.

“Kita ingin pariwisata ini menjadi lokomotif. Sehingga Kota Pasuruan menjadi kota maju. Kalau Kotanya maju, maka masyarakatnya sejahtera. Sehingga terwujud Kota Pasuruan Kota Madinah (maju ekonominya, indah kotanya, dan harmoni warganya).

Gus Ipul juga menyebutkan bahwa salah satu potensi wisata di Kota Pasuruan adalah wisata religi.

“Kita punya potensi wisata religi. Untuk itu, kita sedang berupaya membuat wisata religi ini menjadi wisata yang nyaman. Karena kita ketahui bersama kondisi yang ada. Dimana fasilitas yang berada di sekitar Alun-Alun dan masjid jami’ belum bagus. Seperti toilet yang kurang,” sebut Gus Ipul

Gus Ipul juga memaparkan bahwa Kota Pasuruan juga mempunya potensi wisata heritage seperti Gedung Harmoni.

“Kita juga mempunya potensi wisata heritage. Itu seperti gedung SMK Suropati, sekarang sudah menjadi bagus. Dan sudah ditulisi Harmonie. Itu saya poles sedikit sudah bisa bagus dan bisa dibuat tempat selfie,” kata Gus Ipul.

Ia juga berpesan kepada Pokdarwis yang hadir untuk inovatif dan kreatif dalam mengembangkan potensi wisata yang ada disekitarnya. Lantas Gus Ipul memberikan contoh seperti jalanan di kelurahan Bangilan dapat diubah menjadi tempat wisata, seperti dibuatkan event.

“Di negara-negara eropa itu, banyak wisata yang dari jalanan-jalanan kecil. Misal saja dijalan depan kampung kuno disa dibuatkan event. Itu menarik, apalagi ada kopi kaspandi, jamu mbah kere, dan lain sebagaianya,” imbunyah.

Gus Ipul juga menegaskan kembali bahwa Pokdarwis harus lebih proaktif dan mempunyai inisiatif

“Jadi Bapak Ibu dari sini, bisa mengajak yang lainnya untuk bergerak dan mempunya inisiatif. Dan Tugas saya nanti memberi dukungan kepada Bapak Ibu. Mari kita bersama-sama untuk dapat memajukan pariwisata di Kota Pasuruan,” pungkasnya. (fit)