AktualPublikasi

Buka Pasar Takjil, Gus Ipul akan Jadikan Kampung Bunga Ikon Kampung Tematik Kota Pasuruan

Pasuruan Kota Madinah. Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) secara resmi membuka pasar takjil di Kampung Bunga Pucangan, Kelurahan Purworejo, Kecamatan Panggungrejo. Tentunya pasar takjil Kampung Bunga Pucangan ini, baru tahun ini dibuka. Ada 35 jenis makanan dijual di pasar takjil Kampung Bunga.

“Alhamdulillah hari ini secara resmi pasar takjil di Kampung Bunga Purworejo dibuka. Ini bukan satu-satunya, banyak juga di Kota Pasuruan pasar takjil, tapi saya memilih di kampung bunga ini bukan yang lain,” kata Gus Ipul, Minggu (3/4) petang.

Pasar takjil ini merupakan inisiatif warga kampung bunga serta para Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pucangan sendiri. Untuk menyemarakkan Ramadhan serta mengenalkan Kampung Bunga kepada warga Kota Pasuruan. warga secara bergotong royong dengan difasilitasi pemerintah membuka lapak di depan rumah mereka.

“Terimakasih telah berinisiatif. Ini memudahkan warga yang ingin mendapatkan menu buka puasa yang murah dan terjamin,” kata Gus Ipul.
Pada kesempatan ini, Gus Ipul juga mengatakan bahwa nantinya kampung bunga ini akan menjadi salah satu ikon kampung tematik di Kota Pasuruan.

“Untuk itu, kedepan saya ingin kerjasamanya. Karena ini nanti akan jadi salah satu ikon kampung wisata tematik. Mengingat, untuk mewujudkan wisata nyaman dan menarik pengunjung yang datang perlu adanya kerjasama bapak, ibu untuk merawat kampung. Tugas saya dan pemkot menghadirkan tamu sebanyak-banyaknya. Ibu, bapak, nanti harus menyambut dengan industri kuliner, kerajinan atau dengan tempat-tempat yang nyaman,” imbuhnya.

Ia juga mengingatkan agar warga Kampung Bunga untuk ramah kepada wisatawan serta menciptakan fasilitas yang nyaman.
“Tamu akan terus berkunjung jika kampungnya bersih, adanya fasilitas toilet yang bersih pula dan fasilitas lainnya yang memadai. Pemerintah Kota Pasuruan juga akan mendukung,” jelas Gus Ipul.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada warga karena selain sudah berinisiatif membuka pasar takjil juga berinisiatif untuk menciptakan kampung bunga.

“Saya ucapkan terimaskasih kepada semua warga disini, Bapak, Ibu semangat dan semoga sukses,” pungkasnya.

Kampung bunga Pucangan ini dikenal sebagai kampung yang memiliki ratusan jenis tanaman yang menghiasi gang dan dinding-dinding rumah. Mulai dari tanaman lidah mertua, bougenvile, bonsai kawista krikil, andong, bonsai serut, kimeng, cabai. Jahe merah, dan lain sebagainya. Serta juga terdapat green house. (fit)