AktualPublikasi

Pemkot Pasuruan Siap Melaksanakan Arahan Presiden Memperkokoh Nilai Pancasila Memujudkan Indonesia Maju

Pasuruan Kota Madinah. Wali kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur. Rabu (01/06/2022) berlokasi di Ruang Rapat Untung Soeropati Kantor Pemerintah Kota Pasuruan.

Kota Ende Nusa Tenggara Timur merupakan kota yang sangat bersejarah proklamator kemerdekaan Bung Karno bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan pancasila sebagai dasar Negara yang diwariskan kepada bangsa dan Negara.

Jokowi mengajak seluruh pemimpin bangsa terutama para pejabat pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin dan tokoh ormas dan para pemimpin lainnya untuk menjadi teladan menjadi contoh aktualisasi nilai pancasila mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai pancasila dalam memujudkan Indonesia maju memujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan.

Dalam amanatnya Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pancasila telah menjadi bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian. Untuk itu, masyarakat Indonesia harus mengamalkan dan mengimplementasikan Pancasila dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan, kenegaraan, dan tata kelola pemerintahan.

“Inilah tugas kita bersama tugas seluruh komponen bangsa menjadikan pancasila sebagai ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadirannya dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” ujarnya

Kemudian Jokowi menambahkan Sebagai pemegang mandat konferensi G20 kita mengajak Negara maju diseluruh dunia bergotong royong menciptakan umat manusia yang lebih baik membangun sistem kesehatan yang mampu menghadapi krisis dimasa depan dengan tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih damai, lebih berprikemanusian dan lebih berkeadilan.

“Saat ini dunia menghadapi gejolak pandemi covid 19 belum sepenuhnya berakhir dan diikuti oleh krisis energy dan pangan serta ancaman kemiskinan, kelaparan dan perang di ukraina,” imbuhnya

Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara memimpin jalannya upacara peringatan Hari lahir pancasila tahun 2022 dari lapangan pancasila kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur. Yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Inf. Tunjung Setyabudi dan diikuti oleh TNI-Polri sampai para pelajar di NTT.

Bertindak selaku pembaca naskah Pancasila adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo. Sementara itu, Wakil Ketua DPR Lodewijk Frederick membacakan naskah UUD 1945 dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy membacakan doa setelah pemberian amanat dari inspektur upacara.

Dalam upacara Presiden Joko Widodo juga mengenakan Ragi Lambu Luka Lesu dengan kain motif perpaduan warna merah dan hitam yang merupakan pakaian adat Ende.

Upacara virtual ini diikuti oleh seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Turut hadir secara luring dan daring, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno.

Upacara virtual diikuti Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan Mas Adi, dan Forkopimda Kota Pasuruan. (rmd)