AktualPublikasi

Gus Ipul Hadiri Puncak Malam Gebyar Nusantara Gemilang Jawa Timur

Pasuruan Kota Madinah. Wali Kota pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didampingi Ketua DPRD Kota Pasuruan, Kapolres Kota Pasuruan, Dandim 0819 Kota Pasuruan menghadiri acara puncak Malam Gebyar Nusantara Gemilang Jawa Timur tahun 2022 berlokasi di Ballroom Grand City Surabaya. Senin (15/8/2022)

Puncak Malam Gebyar Nusantara Gemilang Jawa Timur menampilkan berbagai kegiatan pertunjukan kolosal tentang keberagaman nusantara dan sejarah hari kemerdekaan Republik Indonesia dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke 77.

Puncak Malam Gebyar Nusantara Gemilang Jawa Timur membangkitkan wawasan  kebangsaan, Menanamkan cinta tanah air melalui seni budaya dan menumbuh keaneka ragaman seni budaya pada generasi muda Indonesia.

Puncak Malam Gebyar Nusantara Gemilang Jawa Timur menguatkan rasa persatuan dan kesatuan,  gotong royong serta kolaborasi melalui seni budaya yang ditampilkan. Kemudian mengekspresikan karyanya anak muda dengan saling menghargai keanekaragaman budaya di Indonesia untuk memujudkan nilai-nilai  kebhinekaan.

Dalam kesempatan sambutannya Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta menyampaikan Puncak Malam Gebyar Nusantara Gemilang Jawa Timur merupakan inisiasi dari Kapolri yang mempunyai pandangan jajaran POLRI yang yang cinta nusantara.

“Mari kita pupuk persatuan dan kesatuan bangsa dengan Bhineka Tunggal Ika yang dipegang oleh garuda pancasila agar tertera dihati kita masing-masing,” ujarnya

Kapolda juga menambahkan Kalau kita ingat sejarah 1928 para pemuda sudah sampaikan sumpah pemudanya kemudian 17 agustus kita nyatakan merdeka, bagaimana susahnya pemimpin bangsa kita menyatakan merdeka dan mengorganisasikan begitu banyak perbedaan suku bangsa.

“Puncak Malam Gebyar Nusantara Gemilang untuk merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika dalam memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa, salah satunya pentas seni budaya yang menumbuhkan rasa cinta tanah air yang divisualisasikan melalui seni budaya,” katanya

Kapolda mengharapkan kegiatan Puncak Malam Gebyar Nusantara Gemilang dapat mengembangkan budaya nusantara sebagai identitas bangsa Indonesia.

“Puncak Malam Gebyar Nusantara Gemilang menjadi salah satu kegiatan pentas seni budaya yang dapat menguatkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme serta kebangsaan di atas keberagaman,” harapnya

Dalam kegiatan Puncak Malam Gebyar Nusantara Gemilang Jawa Timur tahun 2022, juga dilaksanakan penyerahan tropi dan piagam bagi daerah yang berprestasi. Kota Pasuruan masuk tiga besar dalam kategori kostum terbaik.

Hadir dalam kegiatan Puncak Malam Gebyar Nusantara Gemilang Jawa Timur tahun 2022 Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur, Sekda Provinsi Jawa Timur,  Kodam V Brawijaya, Kapolda Jawa Timur, Forkopimda Jawa Timur, Forum Komunikasi Jawa Timur, Forum Rektor Jawa Timur dan diikuti Wali Kota dan Bupati Se-Jawa Timur. (rmd)