AktualPublikasi

Ribuan Jamaah Haul Habib Ja’far Padati Kawasan Alun alun dan Sekitarnya

Pasuruan Kota Madinah. Ribuan jamaah haul baik dari dalam maupun luar Kota Pasuruan  memadati dan menghadiri Haul Habib Ja’far pada minggu pagi (8/1/2023) di Masjid Jami’ Al-Anwar Kota Pasuruan.

Haul kali ini ada perbedaan wajah baru Kota Pasuruan dengan tahun sebelumnya, yaitu payung madinah yang sudah mekar dan Alun alun Kota Pasuruan yang telah direvitalisasi.

Jamaah Haul yang datang sejak pagi hingga siang ini masih terus bertambah. Selain Jamaah, jalan-jalan di sekitar masjid Agung Al-Anwar juga dibanjiri kendaraan jamaah yang diparkir sekitaran Alun alun yang tertata rapi dan juga banyak pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya ini menunjukkan semakin bangkitnya perekonomian di Kota Pasuruan.

Sampai saat ini rombongan jamaah haul masih terus berdatangan dan memadati lokasi haul. Jamaah haul yang tidak tertampung di dalam masjid berada dibawah payung madinah dan sekitaran alun-alun Kota Pasuruan, ini merupakan semangat jamaah.

Haul Habib Ja’far yang ke 69 diikuti oleh jamaah dengan tertib dan khusuk, dengan pengamanan dari Polisi, TNI, Satpol PP, dan banser.

Haul diawali dengan kegiatan sholawatan kepada Nabi Besar Muhammad SAW dan pembacaan maulid dilanjut dengan pembacaan surat yasin, tahlil, Qiroatul Qur’an dan pembacaan manaqib Habib Ja’far bin Syaikhon Assegaf.

Habib Ja’far Bin Syaikhon Assegaf merupakan salah satu ulama yang terkenal di Kota Pasuruan dan mempunyai  sosok penerus dari Rasululloh Muhammad SAW. Jama’ah haul dengan seksama mendengarkan tausiah yang disampaikan oleh ulama. Meneladani sifatnya, yang merupakan ulama yang memiliki karomah dan pengetahuan yang luas tentang Al-Quran. Selain itu Habib Ja’far bin Syaikhon Assegaf merupakan orang yang penyabar dalam hidupnya. Semasa hidupnya dihabiskan untuk berdakwah dan beribadah.

Habib Ja’far sosok yang sabar wafat 14 Jumadil akhir 1374 H kembali kerahmatulloh dalam usia 76 tahun dan dimakamkan di masjid Jami Al-Anwar Kota Pasuruan dan setiap tahun diadakan haul.

Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo., S.TP., M.Si (Mas Adi) menghadiri haul habib Ja’far sekaligus memantau kondisi kawasan sekitaran Alun alun dan didampingi Camat Panggungrejo. (rmd)