AktualPublikasi

Pemkot Pasuruan Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-75

Pasuruan Kota Madinah. Pemerintah Kota Pasuruan menggelar upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-75 Tahun 2023 dengan tema “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju” bertempat di Lapangan Depan Kantor BKD Kota Pasuruan, Selasa (19/12/2023) pagi.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Wali Kota Pasuruan H. Adi Wibowo, S.Tp, M.Si (Mas Adi) dalam kesempatan tersebut membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang mengatakan bahwa Hari Bela Negara ini merupakan momentum untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan. Mengingat, tantangan ke depan yang semakin tidak terduga, bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata.

“Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara. Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu” ucap Mas Adi

Mas Adi menyampaikan semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. 

“Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Mas Adi

Ia melanjutkan, bahwa bela negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 

“Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara,” tutur Mas Adi 

Pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, Mas Adi mengajak masyarakat untuk mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air. 

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia maju, bersatu, berdaulat, mandiri, dan sejahtera. Semangat Hari Bela Negara Ke-75, kobarkan bela negara untuk Indonesia maju,” pungkasnya

Upacara diikuti oleh Personil Polresta Pasuruan Kota, Personil Yon Zipur 10 Pasuruan, Personil Kodim 0819 Pasuruan, Personil Satpol PP Kota Pasuruan, Personil Puslatsus Marinir Grati, Dinas Perhubungan Kota Pasuruan, KORPRI, PGRI, Gabungan Pelajar, serta turut dihadiri jajaran Forkopimda Kota Pasuruan, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *