AktualPublikasi

Harga Bahan Pokok di Kota Pasuruan Stabil, Bahkan Cabe Rawit Turun Sebesar 20,72%

Pasuruan Kota Madinah. Harga bahan pokok terus mengalami perubahan, di Kota Pasuruan harga bahan pokok terbilang stabil. Bahkan ada beberapa penurunan harga.

Demikian yang dikatakan staf Pelaksana Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Disperindag Kota Pasuruan, Eko Suryo R saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (27/01/2022).

“Alhamdulillah untuk harga bahan pokok di Kota Pasuruan terbilang normal. Bahkan beberapa bahan pokok seperti cabe rawit dan gula pasir mengalami penurunan harga,” papar Suryo.

Sebagaimana dikutip dari laman Siskaperbapo Disperindag Jawa Timur menyebutkan harga rata-rata mulai 1-27 Januari 2022 di Pasar Besar Kota Pasuruan menunjukkan angka stabil.

Selain gula pasir yang mengalami penurunan sebesar 1,89%, bahan pokok yang mengalami penurunan diantaranya, daging ayam kampung turun sebesar 5.000 rupiah menjadi 50.000 rupiah per-kg hingga cabe rawit sebesar 5.750 rupiah menjadi 22.000 rupiah per-kg.

Kendati demikian, lanjut Suryo banyak masyarakat yang mengalami panik buying karena belum paham akan kebijakan penyesuaian satu harga minyak goreng oleh pemerintah pada.

“Kebijakan 1 harga diambil Pemerintah Pusat sebagai respon atas harga migor yg tinggi dan tidak kunjung turun. Kita Pemerintah Daerah tentu akan memantau pelaksanaan kebijakan tersebut,” lanjutnya.

Dari monitoring mulai tangal 20 Januari 2022 itu, pihaknya mendapati banyak konsumen yang panik buying karena mungkin ada oknum yg mengambil keuntungan atas kebijakan tersebut.

“Hasil monitoring, di gudang toko modern/ritel tersedia kurang lebih 10 kardus, dan direlease pelan-pelan untuk mengantisipasi panik buying,” tambahnya.

Suryo berharap masyarakat tidak hanyut dalam panik buying. Ia juga memastikan tidak ada kelangkaan migor. Demikian, pihaknya akan terus melakukan pengawasan mulai dari toko ritel hingga pasar tradisional untuk penyesuain satu harga. (lio)