AktualPublikasi

Hari HSPN 2023 Wali Kota Pasuruan Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Kebersihan

asuruan Kota Madinah. Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bersama Wakil Wali Kota Pasuruan menghadiri Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional dengan tema “Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat” berlokasi di IPLT Kota Pasuruan. Jum’at (10/3/2023)

Acara dimeriahkan dengan penampilan angklung dengan menyanyikan lagu resik resik dan mars MTQ dilanjut dengan road to HPSN dilanjut dengan penyerahan hadiah kepada perangkat daerah dan kelurahan yang masuk nominasi lomba bersih dan diakhiri dengan penampilan fashion show pakaian daur ulang sampah.

HPSN dilaksanakan untuk mengingatkan bahwa pengelolaan sampah sangat penting memperkuat partisipasi zero emisi.

Lomba kebersihan antara Perangkat Daerah juara 3 Kecamatan panggungrejo, juara 2 Dinas perpustakaan dan kearsipan dan juara 1 Dinas Kesehatan.

Lomba kebersihan antara kelurahan juara 3 kelurahan bangilan, juara 2 kelurahan tembokrejo dan juara 1 kelurahan petamanan.

Lomba kreasi daur ulang sampah antar kelurahan harapan 3 kelurahan kelurahan randu sari, harapan 2 kelurahan bugul lor dan harapan 1 kelurahan kebon sari, juara 3 kelurahan wirogunan, juara 2 kelurahan sekar gadung dan juara 1 kelurahan bakalan.

Dalam kesempatan sambutan Gus Ipul memyampaikan bahwa Pemerintah Kota Pasuruan saat ini sudah mempunyai instalasi untuk mengelola sampah dan lumpur tinja yang lebih baik.

“Prosesnya alami dengan menggunakan teknologi dengan proses yang lebih cepat dan tidak meninggalkan bau,” ujarnya

Gus Ipul harapkan masyarakat bisa bekerja sama dengan dinas kebersihan ini agar bisa membuang lumpur tinja diinstalasi ini.

“Kita juga tawarkan kabupaten untuk bisa melakukan kerja sama pengelolaan lumpur tinja karena kesehatan menjadi kebutuhan dasar masyarakat maka hari ini pengelolaan sampah modern dengan teknologi bisa diterapkan tinggal kesadaran masyarakat mau berpartispasi masyarakat mengelola sampah,” harapnya

Gus Ipul mengatakan ini adalah model model yang terus dikembangkan dan partispasi stake holder diharapkan

“Kita ajak stake holder kerja sama konsepnya yang ditawarkan sedikit mungkin membawa sampah plastik ke TPA,” katanya

Gus Ipul mengucapkan rasa syukur Kota Pasuruan mengalami kemajuan berkelanjutan maka bagaimana memikirkan anak anak menjadi manusia hebat menjadi pemimpin yang mewarisi pembangunan, karena mereka yang akan menjadi masa depan yang akan datang.

“Bersih dimulai dari toilet dan makam kemudian tertib kurangi masyarakat yg parkir dan jualan diatas trotoar kemudian kita tekan pengemis di Kota Pasuruan,” ucapnya

Kemudian Gus Ipul menitip pesan kepada pengusaha untuk membantu mengurangi sampah plastik.

“Kita ajak masyarakat untuk membawa bungkus yang bisa dibawa kembali,” pungkasnya

Hadir dalam kegiatan Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Wali Kota Pasuruan, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan diikuti Lurah. (rmd)