AktualPublikasi

Baznas Kota Pasuruan Salurkan Bantuan, Gus Ipul : Mari Kita Tuntaskan Kemiskinan Ekstrim Bersama

Pasuruan Kota Madinah. Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengajak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pasuruan untuk bekerjasama dalam menuntaskan kemiskinan ekstrim di Kota Pasuruan. Hal ini disampaikan Gus Ipul saat memberikan sambutan pada acara penyerahan bantunan sembako secara simbolis oleh Baznas di Kecamatan Panggungrejo, Jumat (17/03/2023).

“Kemiskinan ekstrim di Kota Pasuruan mencapai 4011 KK ini perlu perhatian kita bersama, mari nanti kita bagi dan koordinasikan. Sehingga penerima bantuan tidak mendapatkan double. Untuk itu, lembaga dan pemerintah harus saling koordinasi, ” ujar Gus Ipul.

Sebanyak 510 orang menerima bantuan sembako ini. Dimana bantuan beasiswa sebanyak 1 orang. Kemudian, bantuan peralatan potong rambut 1 orang, bantuan BPJS Ketenagakerjaan bagi marbot Masjid sebanyak 101 Orang.

Menurut Gus Ipul, sinergitas perlu dilakukan dalam pemberian bantuan. Karena kebutuhan dari para penerima manfaat tentu berbeda.

“Misal saja untuk para usia produktif, jika mereka mengganggur maka mereka membutuhkan pekerjaan, dan kita yang akan bantu untuk mencarikan. Kemudian jika orang tersebut lansia maka yang diperlukan bantuan tunai. Jika anak sekolah, maka yang diperlukan beasiswa sekolah. Tentu berbeda setiap kebutuhannya. Untuk itu, sangat perlu koordinasi, dan data juga harus jelas. “tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa memang perlu untuk koordinasi dengan pihak-pihak lain terutama baznas terkait penuntasan kemiskinan di Kota Pasuruan.

“Ini adalah kerja bersama, Karena target pemerintah pusat untuk kemiskinan ini sangatlah tinggi. Kita harapkan kota Pasuruan dapat terdepan mengatasi kemiskinan ekstrim ini,” ungkap Gus Ipul.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Pasuruan, Kh. Khalim, S.Pd.I bahwa kegiatan penyaluran bantuan sembako ini merupakan kegiatan tahunan baznas sebelum bulan Ramadhan.

“Ini memang program kita setiap tahun sebelum bulan Ramadhan. Nanti pada bulan Ramadhan, kita juga akan bagikan sebanyak 3000an sembako, ” pungkas khalim. (fit)