AktualPublikasi

Serahkan SK PPPK dan Lantik PNS Fungsional, Gus Ipul: Perkuat Tekad Berikan Yang Terbaik Untuk Bangsa

Pasuruan Kota Madinah-Hari mulai gelap tidak menyurutkan semangat ratusan orang berpakaian putih-hitam yang selepas senja telah menunggu di Gedung Gradika Bhakti Praja Pemkot Pasuruan. Tampak aura kebahagiaan terpancar dari raut wajah mereka sembari menunggu kedatangan Walikota Pasuruan beserta jajaran memasuki gedung.

Ya, mereka adalah 200 orang yang akan menerima SK pengangkatan sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru dan Tenaga Teknis di lingkungan Pemerintah Pasuruan formasi tahun 2022. Setelah berjuang menyisihkan pesaing lainnya pada serangkaian tahapan seleksi, usaha keras mereka mencapai puncaknya pada Rabu (2/8) malam ketika mereka telah sah menyandang status sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan bertatap muka secara langsung dengan Walikota Pasuruan, Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) untuk menerima SK pengangkatan yang sudah mereka nantikan tersebut.

Selain secara simbolis menyerahkan SK kepada PPPK, Gus Ipul juga melantik sejumlah PNS dalam jabatan fungsional. Tercatat sebanyak 40 PNS pada malam itu telah sah untuk menduduki jabatannya yang baru sebagai tenaga fungsional.

Terdapat beberapa poin arahan yang disampaikan oleh Gus Ipul. Penekanan utama yang Ia berikan adalah berupa motivasi kepada seluruh ASN yang hadir malam itu untuk memperkuat tekad memberikan yang terbaik untuk melayani bangsa.

“Raihan yang Anda capai saat ini perlu disyukuri karena di luar sana yang ingin seperti Anda sangat banyak. Bentuk syukur Anda adalah dengan menunjukkan kinerja di instansi masing-masing secara maksimal agar manfaatnya bisa dirasakan masyarakat yang dilayani” ujar Gus Ipul

Gus Ipul juga berpesan bahwa dinamisasi dalam dunia kerja seringkali akan ditemui dan hal tersebut hendaknya dapat dimaknai untuk memperkaya pengalaman hidup.

“Dinamisasi dalam dunia kerja ini yang mungkin tidak ada di buku ketika Anda sekolah” ucapnya

Untuk menghadapi dinamisasi inilah, Gus Ipul ingin agar ASN yang baru saja menerima SK serta dilantik ini untuk dapat mencontoh kebaikan-kebaikan para senior seperti para kepala perangkat daerah yang malam itu ikut hadir, serta memiliki sikap ingin terus belajar dan menggunakan semua ilmu yang dimiliki.

Walikota juga berharap agar para ASN ini ikut andil membantu program kerjanya bersama Wawali Adi Wibowo untuk mewujudkan visi Pasuruan Kota Madinah (Maju Ekonominya, Indah Kotanya, Harmoni Warganya)

“Meskipun Walikota dan Wakil Walikotanya hebat, namun jika tidak didukung ASN yang solid,lincah, dan kolaboratif, maka itu semua (Pasuruan Kota Madinah) tidak akan terwujud. Silahkan berlomba lomba menjadi ASN yang kreatif dan inovatif” imbuhnya (hly)