AktualPublikasi

Guyon Maton dan Cak Percil CS Meriahkan Gebyar Hari Koperasi Nasional Ke-76 Kota Pasuruan

Pasuruan Kota Madinah. Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Pasuruan menggelar Gebyar Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Ke-76 yang dikemas dengan Pementasan Campursari Guyon Maton dan Cak Percil CS bertempat di GOR Untung Suropati, Minggu (06/07/2023) malam. 

Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam sambutannya menyampaikan bahwa koperasi menjadi bagian penting untuk membangun kemandirian ekonomi masyarakat. Pemberdayaan koperasi ini, merupakan program pemerintah yang diselenggarakan baik pusat, provinsi, hingga daerah kabupaten/kota. 

“Saya ingin Hari Koperasi bisa diikuti oleh banyak kalangan masyarakat luas, agar maksud dan tujuan koperasi dapat diketahui dengan baik oleh orang. Dengan begitu, masyarakat diharapkan dapat memberikan dukungan seluas-luasnya untuk mendorong kemajuan koperasi dari tahap ke tahap,” kata Gus Ipul 

Untuk keperluan itu, dikatakan Gus Ipul, maka Pemerintah Kota Pasuruan pada gelaran Hakopnas Ke-76 di Kota Pasuruan ini menghadirkan tokoh-tokoh public figur untuk ikut mengkampayekan pentingnya kemajuan koperasi kepada masyarakat luas. 

“Khusus malam ini, kita ajak Cak Percil CS, disamping kita ingin mendapat suatu hiburan yang membahagiakan, kami juga ingin memberikan kesadaran pada masyarakat luas  tentang betapa pentingnya koperasi, untuk dapat bangit setelah peringatan Harkopnas ini,” ujarnya

Gus Ipul meminta segenap anggota dan pengurus koperasi untuk meningkatkan kualitas dan kinerja koperasi. Langkah ini disebut penting untuk menghadapi tantangan daya saing di era persaingan yang ketat agar tidak tertinggal. 

“Mari kita dukung koperasi. Kami di pemerintahan dengan kebijakan-kebijakan, sedangkan Bapak/Ibu sekalian yang aktif di koperasi dan semua stakeholder untuk meningkatkan kualitas kinerjanya agar koperasi benar-benar sesuai maksud dan tujuannya. Memang bukan hal yang mudah di era persaingan yang ketat saat ini, namun jika koperasi tidak berbenah dan tidak sanggup menunjukkan daya saing maka akan tertinggal,” ucap Gus Ipul 

Gus Ipul juga mengajak masyarakat luas untuk bersama-sama menggerakkan dan memajukan  koperasi di Kota Pasuruan. 

“Mari kita bela dan beli produk-produk koperasi kita,” ajaknya

Sebelum menutup sambutan, Gus Ipul mengucapkan apresiasi dan terimakasihnya kepada seluruh pihak atas terselenggaranya Harkopnas Ke-76 di Kota Pasuruan. 

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Pak Faqih selaku Kepala Dinas Koperasi beserta teman-teman semua yang telah menyajikan acara Hari Koperasi Nasional yang melibatkan dan mendatangkan begitu banyak orang pada malam ini,” pungkas Gus Ipul

Selain Guyon Maton dan Cak Percil CS, gebyar Harkopnas ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan tari dan penampilan paduan suara oleh puluhan pelajar SD hingga SMA. Puluhan stand koperasi dan UMKM juga tampak berjajar turut meramaikan gebyar Harkopnas ini. 

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Walikota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Pasuruan, segenap anggota Forkopimda Kota Pasuruan, jajaran Staff Ahli, Asisten, Kepala Dinas, Camat dan Lurah di lingkungan pemerintah Kota Pasuruan, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Kota Pasuruan, Gerakan Koperasi Kota Pasuruan, serta tamu undangan lainnya.