AktualPublikasi

Masjid Al Anwar dan Tugu Alun-Alun Berhias Cahaya, Kota Pasuruan Makin Indah

Pasuruan Kota Madinah-Jika Anda sedang melintas di sekitar alun-alun Kota Pasuruan di malam hari, maka akan menemukan pemandangan yang berbeda. Tepatnya pada tugu yang berada tepat di tengah alun-alun, serta Masjid Al Anwar yang berada di sisi barat alun-alun. Kini kedua bangunan ikonik di Kota Pasuruan ini terlihat makin cantik dengan adanya lampu hias berwarna warni. Tata cahaya yang ciamik ini melengkapi serangkaian proses revitalisasi kawasan alun-alun yang sedang gencar dijalankan.

Keberadaan lampu hias ini dilaunching oleh Walikota Pasuruan, Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) pada Sabtu (12/8) malam di pelataran masjid Al Anwar tepat di bawah Payung Madinah. Istimewanya, launching ini juga dihadiri oleh menteri BUMN, Erik Thohir, yang pada hari itu sengaja mengunjungi Kota Pasuruan untuk mengikuti serangkaian acara sebelum dirinya hadir pula pada kegiatan Pasuruan Bersholawat.

Bukan tanpa alasan Erik ikut hadir pada launching lampu hias Masjid Al Anwar dan tugu alun-alun. Melalui yayasan At-Thohir, Erik memang menjadi pihak yang ikut berperan dalam keberadaan lampu hias ini.

“Pada saat saya berkunjung ke masjid At-Thohir milik pak Erik di Depok, saya melihat tata cahayanya bagus sekali. Lalu saya nyeletuk, apa bisa kalau ini diaplikasikan di Pasuruan” ujar Gus Ipul mengisahkan awal mula ketertarikan Erik Thohir membantu pengadaan lampu hias ini.

Gayung bersambut, ternyata Erik Thohir menyanggupi permintaan Gus Ipul agar lampu hias sejenis dipasang di Kota Pasuruan. Ia menjelaskan kepada Erik bahwa Kota Pasuruan sedang giat merevitalisasi kawasan alun-alun dan pembangunan payung Madinah. Alhasil, dipilihlah masjid Al Anwar dan Tugu alun-alun sebagai titik pengaplikasian lampu hias berwarna warni ini.

“Saya benar-benar bahagia, kita mensyukuri suatu hal yang menjadi bagian upaya untuk memperindah Kota Pasuruan” imbuh Gus Ipul.

Gus Ipul menambahkan bahwa bukan kali ini saja Erik Thohir yang juga ketum PSSI ini berperan dalam pembangunan di Kota Pasuruan. saat awal face off kawasan pedestrian Jalan Pahlawan, melalui CSR bank-bank BUMN, akhirnya terealisasi perombakan trotoar serta tak ketinggalan P3GI yang merupakan anak perusahaan PTPN, ikut bersolek sehingga saat ini kawasan Jalan Pahlawan menjadi semakin indah.

Sementara pada kesempatan yang sama, Erik Thohir menyatakan kebahagiaannya dapat hadir di tengah-tengah masyarakat Kota Pasuruan serta dapat ikut menjadi bagian mewujudkan keindahan Kota Pasuruan.

Ia berharap lampu yang dicahayakan di masjid dan alun-alun, memiliki makna untuk menjadi penerang bagi kota santri ini dan tetap menjadi kota kejayaan bangsa Indonesia.

“Semoga lampu hias ini menjadi simbol cahaya kebangkitan, cahaya yang menjadi bagian untuk menghidupkan akhlak kita sebagai umat dan bangsa Indonesia, untuk membawa perubahan dan kemajuan Indonesia” ucap Erik.

Sementara launching ini juga menjadi kesempatan Erik menyaksikan langsung kemegahan payung Madinah Kota Pasuruan. Sesaat setelah Erik dan Gus Ipul menabuh bedug sebagai tanda peresmian lampu hias masjid dan alun-alun, keenam membran Payung Madinah yang mulanya kuncup, perlahan mekar mengiringi kilauan cahaya lampu hias berwarna warni di masjid Al Anwar. Letupan kembang api yang mewarnai langit malam Kota Pasuruan menandai puncak kegiatan ini (hly)