AktualPublikasi

Pimpin Upacara Hardiknas, Mas Adi : IPM Kota Pasuruan Terus Naik Capai 78,30 di Tahun 2023

Pasuruan Kota Madinah. Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, S.TP, M.Si (Mas Adi) memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024. Upacara harkdinas ini dilaksanakan di halaman depang kantor BKD Kota Pasuruan, Kamis (02/05/2024). Dalam kesempatan ini, Mas Adi menyampaikan pidato pesan menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim dimana ia menyampaikan bahwa hari ini, Pendidikan di Indonesia sudah terlihat perubahannya. Hal ini disebabkan dengan adanya gerakan merdeka belajar yang digagas oleh Nadiem.

“Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi Guru-Guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya,” ujar Mas Adi saat membacakan pidato Nadiem

Mas Adi juga menyampaikan bahwa pendidikan di Kota Pasuruan semakin baik, hal ini salah satunya dapat terlihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Pasuruan yang terus naik hingga capai 78,30 di tahun 2023.

“Saya ucapkan terimakasih kepada stakeholder yang sudah bersama-sama membangun Kota Pasuruan terutama para pegiat pendidikan , Guru baik dalam lingkungan formal maupun non formal yang telah bersama-sama mewujudkan Pendidikan yang layak di Kota Pasuruan, imbuhnya.

Status IPM menggambarkan level pencapaian pembangunan manusia di Indonesia dalam suatu periode. Semakin tinggi status IPM menunjukkan capaian pembangunan manusia yang lebih baik. Status IPM dibagi menjadi empat kategori yaitu, sangat tinggi (IPM≥80), tinggi (IPM 70-79), sedang (IPM 60-69), dan rendah (IPM<60).

Peningkatan IPM yang dialami Kota Pasuruan membuat Mas Adi berharap adanya perubahan dan akselerasi yang cepat dalam dunia pendidikan, namun juga harus diikuti oleh infrastruktur pendidikan. Seperti, bagaimana kualitas dan kesejateraan guru.

“Kalau dulu bebas dari penjajahan fisik, tapi hari ini pendidikan harus membebaskan dari kebodohan, sehingga pendidikan punya ruang yang sangat luas untuk mengeksplorasi anak didik kita,” harap Mas Adi

Mas Adi juga mengatakan bahwa  indikator Harapan Lama Sekolah (HLS) di Kota Pasuruan juga mengalami yang mengalami pertumbuhan cukup pesat.

“HLS kita naik dari 0,07 persen menjadi 0,15 persen, ujarnya

Ia juga mengimbau agar terus semangat dalam menerapkan merdeka belajar sesuai gerakan yang digagas oleh menteri Pendidikan.

“Mari kita terus menggerakkan instrumen pendidikan agar dapat mewujudkan cita-cita pendidikan bangsa Indonesia seperti yang diamanahkan Ki Hajar Dewantara “Ing Ngarso Sungtulodo, Ing Madyo Mangon Karso. Tut Wuri Handayani,” pugkasnya

Menurut Mas Adi, bahwa hari ini, pembelajaran dapat diakses darimanapun, seperto dari Internet. Namun hal tersenut pasti tidak akan bisa memberikan pembelajaran karakter yang dilakukan oleh Guru.

“Untuk itu, di Hardiknas ini mari kita komitmen bersama dalam memajukan pendidikan di Kota Pasuruan.” pungkasnya. (fit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *