AktualPublikasi

Pemkot Pasuruan Targetkan Tahun Ini Capai 25 % Pengguna KTP Digital

Pasuruan Kota Madinah. Pemerintah Kota Pasuruan terus berupaya untuk menyelesaikan administrasi Kependudukan (Adminduk) warga Kota Pasuruan mulai perekaman e-KTP, Identitas Kependudukan Digital (IKD) dan data kematian. Sehingga dalam 2 hari ini (14-15) digelar sosialisasi ke RT RW se Kota Pasuruan untuk menyelesaikan semua persoalan berkaitan dengan Adminduk. Sosialisasi ini digelar di Gedung Gradika Kota Pasuruan.

Selain itu, Pemerintah Kota Pasuruan menargetkan 25 % penduduk ber-KTP Kota Pasuruan juga memiliki Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Kita masih 5%. Untuk itu, perlu bantuan bapak Ibu untuk mencapai targer 25%, ” ujar Gus Ipul, Senin (14/8)

Sebanyak 995 orang undangan yang hadir pada sosialisasi Adminduk ini yang digelar selama 2 hari, dengan rincian Kecamatan Panggungrejo, 430 orang, Kecamatan Bugul Kidul 185 orang, Kecamatan Gadingrejo 296 orang, Staf Kelurahan (3 Kecamatan) 52 orang dan Undangan 32 orang.

Sosialisasi Gerakan Kota Pasuruan Sadar Administrasi Kependudukan bagi ketua RT dan Ketua RW digelar oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) yang di hadiri oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf, Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo dan Ketua DPRD Kota Pasuruan Ismail Marzuki Hasan.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf mengajak semua RT dan RW, Lurah dan Camat untuk ikut menyukseskan gerakan sadar administrasi kependudukan.

“Saya cukup kaget juga ribuan warga Kota Pasuruan belum mempunyai KTP. Padahal KTP sangat dibutuhkan. Jadi Bapat Lurah dan Bapak Camat serta seluruh RT dan RW banyak warga bapak Ibu yang masih belum mempunya KTP. Jadi mohon untuk dibantu segera dituntaskan, “ujar Gus Ipul.

Capaian pencatatan KTP elektronik pemerintah Kota Pasuruan sudah mencapai 96,7 persen dan ditargetkan 99 persen di akhir tahun ini.

“Ada 5.110 warga baik yang baru 17 tahun atau yg sudah tua belum memiliki e-ktp. Maka saya minta tolong Pak RT dan Pak RW bisa menyisir warga yang belum memiliki e KTP agar bisa tuntas pencatatan adminduk,” ujarnya

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Kota Pasuruan Siti Mariyam mengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan kinerja bagi ASN dalam hal memberikan pelayanan dalam pembuatan Adminduk serta upaya peningkatkan cakupan kepemilikan Identitas Kependudukan Digital di Kota Pasuruan.

“Saat ini masih 5,21 persen yang sudah ber IKD. Dengan sosialisasi hingga ke RT RW kita yakin kurang lebih 29.913 penduduk atau target 25 persen bisa tuntas kita capai,” pungkasnya (fit)