AktualPublikasi

Lomba Balap Dayung Tradisi Nelayan Panggungrejo Peringati Hari Kemerdekaan RI

Pasuruan Kota Madinah. Dalam rangka memperingati HUT RI ke-78, Pemerintah Kota Pasuruan menggelar lomba balap dayung. Lomba balap dayung ini menjadi hiburan warga Kota Pasuruan dan tradisi tersendiri di Kelurahan Panggungrejo. Sebanyak 27 tim yang beranggotakan 5 orang disetiap perahu memeriahkan lomba balap dayung ini. Pantauan dilokasi, ratusan warga memadati lokasi untuk menyaksikan lomba. Kegiatan lomba ini dilaksanakan di pesisir pantai Kecamatan Panggungrejo, Sabtu (19/8/2023) dan dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo.S.TP., M.Si (Mas Adi).

Dalam kesempatan ini, Mas Adi mengatakan bahwa Walikota Cup yang ke 7 ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun dalam rangka mengangkat potensi wisata Kota Pasuruan.

“Hari ini kita lihat lomba dayung ini jadi sebuah hiburan rakyat. Dan bisa kita pasarkan jadi salah satu potensi wisata kita,” ujar Adi.

Kedepannya, Mas Adi berharap lomba balap dayung ini bisa digelar secara profesional dan dapat mencetak atlet olahraga yang mempuni.

Peserta yang mengikuti lomba balap dayung harus mendayung sejauh 300 meter.

Salah satu peserta mengatakan jika ia senang mengikuti kegiatan lomba ini.

“Seru sekali, mulai jaman nenek moyang hingga sekarang. Tadi menang, semoga tim ini bisa menang di sesi selanjutnya,” kata Mubarok

Terik panas matahari tidak menyurutkan penonton lomba balap dayung untuk berteriak-teriak mendukung tim jagoannya.

Sekedar diketahui, lomba dayung tersebut memperebutkan total hadiah senilai 12 juta. Dengan rincian, Juara pertama memperoleh Rp 5 juta, juara kedua mendapat Rp4 Juta dan juara ketiga bisa mendapatkan Rp 3 juta, masing-masing juga mendapatkan tropi. (Fit)