AktualPublikasi

Puncak Peringatan HKSN 2023 Berlangsung Meriah, Wujud Solidaritas Dalam Harmoni Masyarakat

Pasuruan Kota Madinah. Rangkaian Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tahun 2023 di Kota Pasuruan telah sampai pada puncaknya. Bertempat di halaman GOR Untung Suropati, Rabu (20/12/2023), acara yang mengusung tema “Solidaritas Dalam Harmoni” berlangsung meriah dan mendapat perhatian luar biasa dari masyarakat. 

Sebelumnya, rangkaian HKSN diawali dengan kegiatan sunat massal, donor darah, gelaran pameran UMKM, acara seremonial dan unjuk kebolehan pilar-pilar sosial, fashion show daur ulang produk unggulan dan ditutup dengan penampilan musisi kenamaan tanah air, Feby Putri, yang sedang eksis di kalangan generasi muda saat ini.

Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) pada kesempatan ini memberikan apresiasi atas gelaran HKSN di Kota Pasuruan pada malam itu. Ia turut mengucapkan terimakasih kepada pilar-pilar sosial atas dedikasi sinergitas yang telah diberikan selama ini. 

“Bersyukur hari ini HKSN di Kota Pasuruan tahun 2023 bisa tergeselenggara dengan lancar, yang mana tadi pagi sudah di awali dengan kegiatan sunat masal. Malam ini kita berada di puncak acara, terimakasih kepada pilar-pilar sosial mulai dari PSM, pendamping PKH, Tagana, Karang Taruna, para pengurus Panti Asuhan Kota Pasuruan, Karang Werda, dan yang lainnya,” ucap Gus Ipul

Gus Ipul menyampaikan bahwa pembangunan di Kota Pasuruan melayani dan mengedepankan pemenuhan hak bagi seluruh warga masyarakat tanpa terkecuali, tidak membeda-bedakan, dan tidak ada diskriminasi guna mewujudkan kesetaraan hak hidup. 

“Pada dasarnya pembangunan melayani semua warga yang ada di Kota Pasuruan, semuanya harus dilayani tidak boleh dibeda-bedakan dan tidak boleh di diskriminasi. Mohon doanya mudah-mudahan layanan di Kota Pasuruan semakin baik,” ujar Gus Ipul

Pada momentum yang tampak dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat ini, Gus Ipul meminta untuk bersama-sama menikmati penampilan yang disuguhkan.

“Ada penampilan dari Feby Putri yang turut memeriahkan malam ini, mari kita nikmati bersama, bernyanyi bersama,” ujar Gus Ipul

Rangkaian kemeriahan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial ini dimulai pagi hari dengan Sunat Massal, acara ceremonial dengan penampilan dari Para Disabilitas, Karang Taruna, PSM, TKSK, Pendamping PKH, dan Karang Werdha. Serta semua binaan Dinas Sosial.

Mereka menampilkan mulai teater, tarian, dan tampilan-tampilan lainnya. Pada kesempatan ini Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf juga menunjukkan prestasi-prestasi yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Pasuruan selama tahun 2023 yang jauh lebih banyak dari tahun 2022.

“Saya mengajak Bapak-Ibu untuk merenungkan vidio yang kita lihat tadi terkait prestasi-prestasi pemerintah Kota Pasuruan. Saya ingin menyampaikan itu kerja kita bersama, kebersamaan kita selama tahun 2023 dan itulah yang bisa kita buat. Dan alhamdulillah selangkah demi selangkah Kota Pasuruan semakin maju,” ujarnya.

Pembangunan di Kota Pasuruan tidak akan berhasil jika tidak dibantu oleh para Kepala Perangkat Daerah dan pilar-pilar sosial.

“Saya dan Mas Adi hanya sebagai dirigen dan bapak-ibu disinilah yang dapat menjadikan kita berhasil atau tidak. Karena kami hanya pimpinan. Untuk itu, saya berharap ditahun 2024 nanti kita dapat terus bersinergi sehingga pada tahun 2024 prestasi yang kita raih semakin banyak dan Kota Pasuruan semakin maju,” harap Gus Ipul

Dalam serangkaian malam puncak HKSN di Kota Pasuruan, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Sosial juga turut melakukan launching “LASTRI” atau Layanan Sosial Terintregasi. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi kelompok masyarakat yang memerlukan akses layanan sosial dan dapat menerima dukungan dari berbagai sumber yang relevan, misalnya program pendidikan, pelatihan keterampilan, bantuan kesehatan, pengembangan lapangan kerja. 

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Restu Novi Widiani, dalam kesempatan sambutannya menyampaikan apresiasi atas peluncuran aplikasi “LASTRI” yang diharapkan dapat menjadi percontohan bagi Dinas Sosial di Kabupaten/Kota yang lain. 

“Terimakasih Bapak Walikota dan Bapak Wakil Walikota Pasuruan, luar biasa kami menyaksikan satu trobosan yang menjadi praktek baik yang bisa dilaksanakan oleh Dinas Sosial lainnya,” ujar Restu

Ia pun turut menyampaikan apresiasi atas gelaran HKSN di Kota Pasuruan yang berlangsung megah dan meriah. 

“Hanya di Kota Pasuruan peringatan Hari Kesetiakawanan digelar dengan megah. Selamat Hari Kesetiakawanan Nasional, semoga kita selalu sehat dan bisa terus berbagi untuk masyarakat se-Jawa Timur khususnya Kota Pasuruan,” pungkasnya

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Wali Kota Pasuruan, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Sosial Kota Pasuruan, Perwakilan Kodim 0819, Perwakilan Bataliyon Zipur 10, Ketua TP PKK Kota Pasuruan, Wakil Ketua TP PKK Kota Pasuruan, Pilar-Pilar Sosial, serta tamu undangan lainnya. (fit/afi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *