AktualPublikasi

Musrenbang RPJPD,  Gus Ipul: Mewujudkan Kota Pasuruan Yang Memberikan Sumbangsih Bagi Cita-Cita Indonesia Emas

Pasuruan Kota Madinah-Pemkot Pasuruan menggelar musrenbang rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) pada Selasa (2/4) siang. Bertempat di hall RM Kebon Pring, musrenbang ini mempoyeksikan rencana pembangunan Kota Pasuruan 20 tahun kedepan (2025-2045)

Musrenbang ini bertujuan membahas rancangan RPJPD Kota Pasuruan 2025-2045 dalam rangka penajaman visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok RPJPD. Antusiasme terhadap arah pembangunan Kota Pasuruan dalam menyongsong Indonesia emas di tahun 2045 pun terlihat dari para peserta musrenbang yang terdiri dari Forkopimda, jajaran perangkat daerah, tokoh masyarakat, akademisi, asosiasi usaha, dan perwakilan berbagai kelompok masyarakat serta pemangku kepentingan ini.

Wali Kota Pasuruan, Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang turut menghadiri musrenbang, menyatakan bahwa Ia sangat antusias mengikuti kegiatan ini sebagai bagian dari upaya memberikan legacy (warisan) bagi Kota Pasuruan selama dipimpin olehnya bersama Wawali Adi Wibowo.

Menurutnya, merancang RPJPD membutuhkan proses yang panjang dengan mengakomodasi pendapat dan usulan berbagai kalangan. Selain itu, RPJPD harus merujuk pada arah pembangunan nasional dan propinsi.

“Mewujudkan Kota Pasuruan maju, harmoni, dan berkelanjutan tahun 2045 merupakan sumbangsih menuju Indonesia emas 2045” ujarnya

Kemudian Gus Ipul menjabarkan bahwa RPJPD Kota Pasuruan 2025-2045 tegak lurus dengan cita-cita nasional dan propinsi Jawa Timur.

“Kita juga harus adaptif dan mampu menjawab tantangan serta dinamika pembangunan 20 tahun kedepan” yakin Gus Ipul

Kemudian, hal yang tak kalah penting Ia sampaikan adalah bagaimana melibatkan kalangan anak muda dalam pembangunan. Menurut Gus Ipul, kalangan milenial dan Gen Z merupakan pemegang tongkat estafet pembangunan pada 2045 mendatang.

“Harus diadaptasi oleh semua perangkat daerah. Libatkan anak muda. Ajak mereka untuk memberikan warna dalam pembangunan” tegasnya

Lebih lanjut, Gus Ipul menyampaikan bahwa RPJPD ini haruslah menjadi pedoman bagi Wali Kota Pasuruan di masa mendatang dalam melaksanakan program pembangunan.

“RPJPD ini akan menjadi pedoman, siapapun Wali Kotanya dalam setiap periode hingg 2045. Memimpin Kota Pasuruan yang tantangannya tinggi. Harus mau berkorban” ucapnya

Gus Ipul lalu memungkasi sambutannya dengan menjabarkan visi Kota Pasuruan 20 tahun kedepan antara lain, SDM unggul mencapai generasi emas, kemiskinan tuntas dan ketimpangan ditekan, mewujudkan birokrasi kelas dunia, ekonomi progresif dan pendapatan perkapita meningkat, serta infrastruktur mantap dan lingkungan lestari.

“Semoga pelaksanaan musrenbang di bulan Ramadan ini mendapat keberkahan dalam upaya mendukung mewujudkan Indonesia emas di Kota Pasuruan. Mari kita sama-sama perbaiki kekurangan, dan kedepan pembangunan lebih fokus untuk memajukan kota dan menyejahterakan masyarakat” pungkasnya (hly)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *