AktualPublikasi

Penuhi Hak Disabilitas, Pemkot Pasuruan Beri Bantuan Sembako dan Gerobak

Pasuruan Kota Madinah. Sebagai upaya terus meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan para penyandang disabilitas, pemerintah Kota Pasuruan memberikan bantuan sembako dan Gerobak usaha untuk para disabilitas yang memiliki usaha. Ada sekitar, 30 sembako dan 3 Gerobak jualan yang diserahkan pada hari ini, Selasa (28/05/2024) di pendhopo Surga Surgi Kota Pasuruan.

Pemberian bantuan ini diberikan langsung oleh Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, S.TP., M.Si

Menurut Gus Ipul, bantuan yang diberikan pemerintah Kota Pasuruan ini, merupakan upaya pemerintah Kota Pasuruan dalam memberikan bantuan sesuai kebutuhan para penyandang disabilitas.

” Bantuannya ini kita sesuaikan yang mereka butuhkan, mereka mau kerja, mereka mau jualan ya kita siapkan. Pingin buka salon ya, yang pingin jahit ya jahit, kita fasilitasi semua secara bertahap,” ujarnya

Pada kesempatan ini Gus Ipul juga mengatakan, bahwa pemerintah Kota Pasuruan juga nantinya akan memberikan parkir khusus untuk para Disabilitas.

“Nanti kami akan bilang kepada Dishub untuk menyediakan parkir khusus untuk para disabilitas,” tambahnya.

Gus Ipul juga menekankan kembali kepada para Disabilitas yang hadir, agar mencatat kebutuhannya sehingga pemerintah dapat membantunya.

“Supaya kami bisa melayani, tolong suarakan kepentingan bapak-ibu sekalian, ” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul juga membuka ruang dialog untuk para disabilitas untuk menyampaikan kebutuhannya. Ada salah satu disabilitas tuna netra yang sudah bisa menyelesaikan sekolah sarjana dan menginginkan bisa sekolah Advokat karena kebetulan ia adalah lulusan sarja hukum.

“Nanti kami akan bantu untuk mencarikan beasiswanya, agae bisa melanjutkan ke sekolah advokat seperti yang di inginkannya,” kata Gus Ipul

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat mengatakan ada sebanyan30 orang disabilitas yang mendapatkan bantuan sembako dan ada 3 gerobak kekinian juga buat 3 orang disabilitas.

“Untuk gerobak kekinian ini memang tiga, satu untuk daksa kemudian satu rungu dan satu netra,” katanya.

Untuk gerobak ini menurut Kokoh, yang 2 bagi netra dan rungu di tempatkan di Dinsos dan yang 1 rombong bagi daksa ada di rumah hebat.

” Nanti yang dua itu di Dinsos yang satu ada di rumah hebat, di rumah hebat nanti teman- teman daksa yang di Dinsos nanti teman- teman netra dan rungu,” pungkasnya. (fit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *