Pasar murah merupakan salah satu implementasi dari gerakan stabilitasi pangan yang dicanangkan oleh Menteri Perdagangan, dan merupakan kegiatan rutin Pemerintah Kota Pasuruan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk perhatian dari Pemerintah Kota Pasuruan terhadap masyarakat yang berpenghasilan rendah, agar dapat memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga pasar.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas  Perindustrian Dan Pedagangan Kota Pasuruan menyelenggarakan pasar murah Ramadhan 1440 H pada hari Senin tanggal 13 Mei 2019 di Pendopo Kecamatan Purworejo. Kegiatan tersebut  diawali dengan pemukulan gong oleh Wakil Walikota Pasuruan sebagai tanda di bukanya secara resmi pasar murah Ramadhan. Tampak hadir jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD/Camat/Lurah di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Plt. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan beserta jajarannya, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Pasuruan beserta jajarannya,  pimpinan perbankan, BUMN, BUMD dan swasta, panitia/peserta pasar murah serta masyarakat luas.

Menurut  Kepala Dinas  Perindustrian Dan Pedagangan Kota Pasuruan Bapak H. Mualif Arif, Sos, MM mengatakan tujuan diadakan pasar murah ramadhan 1440 Hijriah untuk memfasilitasi warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H serta penyediaan sembako murah melalui kegiatan pasar murah. Adapun sasaran dalam kegiatan ini adalah masyarakat yang ada di wilayah Kota Pasuruan yang tersebar di 4 (empat) Kecamatan dengan komposisi 100% diperuntukkan bagi rumah tangga miskin (RTM). Paket  sembako  yang dibagikan adalah sejumlah 3.870 paket,  yakni 1 paket  dijual seharga Rp. 30.000, – (tiga puluh ribu rupiah) terdiri dari 3 Kg beras, 1 Kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, 5 bungkus mie instan. Peserta kegiatan pasar murah antara lain CSR Bank Jatim sebanyak 200 paket, CSR Bank BPR Kota Pasuruan sebanyak  150 paket, CSR Bank BPR Bank Jatim sebanyak 150 paket,  CSR Bank BRI sebanyak 150 paket, PDAM Kota Pasuruan sebanyak 450 paket, Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kota Pasuruan  sebanyak 3.026 Paket dan PKK Kota Pasuruan menjual peralatan sekolah.

Dalam kesempatan ini Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST menyambut positif pelaksanaan kegiatan pasar murah ini, atas kerjasamanya antara Pemerintah Kota Pasuruan, BUMN dan CSR Perbankan.   Diharapkan kegiatan pasar murah ini dapat membantu meringankan beban hidup masyarakat yang kurang mampu. Untuk itu, masyarakat yang berhak hendaknya dapat memanfaatkan pasar murah ini dengan baik dan berbelanjalah sesuai kebutuhan, janganlah berlebihan.

Sebelum sambutan, di dahului dengan penyerahan secara simbolis sembako murah dari Wakil Walikota Pasuruan kepada perwakilan penerima dilanjutkan penyerahan secara simbolis bingkisan dari Ibu Plt. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan kepada perwakilan penerima. Di lanjutkan dengan peninjauan lokasi oleh Wakil Walikota Pasuruan beserta seluruh undangan yang hadir.

Perlu diketahui, selain di Kecamatan Purworejo, penyelenggaraan pasar murah Ramadhan juga di laksanakan di setiap Kecamatan yang ada di Kota Pasuruan yaitu pada hari Selasa tanggal 14 Mei 2019 bertempat di Kecamatan Panggungrejo, hari Rabu tanggal 15 Mei 2019 bertempat di Kecamatan Bugul Kidul  dan hari Kamis tanggal 16 Mei bertempat di Kecamatan Gadingrejo.