Cerita KotaPublikasi

TP PKK Kota Pasuruan Lakukan Penyegaran Bagi Kader Dasa Wisma se Kota Pasuruan

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf membuka kegiatan penyegaran kader dasa wisma bertempat di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kota Pasuruan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 2 sd 3 juli 2024, Selasa (02/07/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua TP-PKK Fatma Saifullah Yusuf, Wakil Ketua I TP-PKK Ani Adi Wibowo, Wakil Ketua II TP-PKK Yanti Sri Rudiyanto, Ketua Pokja I, II, III, IV TP PKK Kota Pasuruan, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Kelurahan Se-Kota Pasuruan, Kader Dasa Wisma RT dan RW Se-Kota Pasuruan

Dalam laporannya Wakil Ketua 1 TP-PKK Ani Adi Wibowo menjelaskan , tujuan kegitan ini di gelar untuk merefresh kembali kemampuan, keilmuan para kader yang sudah pernah di dapatkan sebelumnya.

” Ada kader baru untuk mensinergikan pengisian data-data baik yang berada di kelompok dasa wisma, kelompok PKK RT maupun kelompok PKK RW,” ungkapnya.

Dalam laporannya Ani Adi Wibowo menjelaskan, jika peserta Penyegaran Kader Dasa Wisma PKK Kota Pasuruan tahun 2024. Diikuti oleh 210 orang peserta.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Pasuruan Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf menyampaikan, kegiatan ini merupakan penyegaran kader ini yang bertujuan untuk me-Refresh atau menyegarkan kembali kapasitan keilmuan para kader yang sudah didapatkan sebelumnya.

” Mengapa kegiatan ini di laksanakan? Mungkin saja ada yang sedikit lupa atau adanya kader baru, sehingga harapan kita dengan adanya kegiatan ini kita dapat saling mengingatkan kembali bagaimana cara-cara ataupun kegiatan yang harus dilakukan oleh para kader, selain itu mungkin ada ilmu-ilmu baru yang bisa didapatkan pada pagi hari ini,” ungkap Fatma.

Menurutnya pondasi keluarga yang sejahtera lahir dan batin itu adalah kehidupan di dalam sebuah rumah yang bisa disebut “Rumah Tangga” karena dari rumah tanggalah dimulainya segalanya, mulai dari pendidikan, pelatihan keterampilan sampai kepada pembinaan mental dan spiritual untuk anak-anak.

” Disinilah betapa pentingnya peranan pengurus maupun anggota PKK. Pola pembinaan keluarga sakinah hendaklah dikembangkan pula di lingkungan masyarakat, sehingga dapat terwujud masyarakat yang madani,” jelasnya.

Harapan besar Ketua TP PKK Kota Pasuruan ini, untuk terbentuk dengan baik Dasa Wisma di semua kelurahan, karena PKK adalah ujung tombak dari kesejahteraan masyarakat, baik kesejahteraan sosial, ekonomi dan lingkungan.

Dengan demikian, Dasa Wisma bukan hanya sekedar struktur organisasi di tingkat desa, tetapi juga merupakan wadah untuk menggerakkan potensi masyarakat dalam mencapai tujuan bersama. Maka betapa pentingnya kelompok Dasa Wisma ini dalam mewujudkan masyarakat yang berdaya.

Fatma juga menyampaikan manfaat di bentuknya Dasa Wisma di masyarakat seperti:

  1. Meningkatkan semangat gotong royong,
  2. Menumbuhkan kepedulian, rasa saling meniliki dan tanggungjawab,
  3. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat,
  4. Mewujudkan keberlanjutan pembangunan.

Pesan Ketua TP PKK Kota Pasuruan kepada Ketua TP PKK Kelurahan yang sudah minta dari tahun-tahun lalu untuk Dasa Wisma ini segera dibentuk, maka usahakan dalam bulan Juli ini bagi kelurahan yang belum semua terbentuk, segera maksimalkan kelompok Dasa Wismanya.

“Harapan kami setelah pelatihan ini para kader Dasa Wisma akan semakin mudah berkoordinasi dalam suatu jaringan, sehingga program-program PKK maupun kegiatan pemerintahan khususnya yang melibatkan PKK dapat berjalan tepat, cepat dan akurat dalam menghimpun, mencatat, mengolah serta mengirimkan data sebagai informasi dari tingkat bawah,” pungkasnya.