Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Dan Hari Otonomi Daerah Ke XXII Tahun 2018, Pemerintah Kota Pasuruan menyelenggarakan upacara bendera pada Hari Rabu tanggal 2 Mei 2018 di Gelanggang Olahraga (GOR) Untung Surapati Kota Pasuruan. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Walikota Pasuruan, tampak hadir Wakil Walikota Pasuruan, Ketua DPRD Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Jajaran FORKOPIMDA Kota Pasuruan, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, para Rektor, Kepala Sekolah SD/SMP/SMA sederajat di lingkungan Kota Pasuruan, para guru dan peserta upacara terdiri dari para ASN, Mahasiswa/mahasiswi, pelajar SMA/SMP sederajat dan paskibraka.

Amanat Inspektur Upacara Walikota Pasuruan Bapak Drs. H. Setiyono, M.Si mengatakan memperingati Hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Dalam Undang-Undang sistem pendidikan nasional Tahun 2003 disebutkan bahwa pendidikan nasional kita adalah pendidikan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, sedangkan kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional. Disinilah terjadinya titik temu antara pendidikan dan kebudayaan. Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah Ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha memperkuat pendidikan Indonesia serta memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga kita semua dapat menyaksikan Indonesia sebagai bangsa adidaya budaya dengan pendidikan yang kuat.

Lebih lanjut dikatakan, pada hari ini kita juga memperingati Hari Otonomi Daerah yang ke XXII Tahun 2018. Menapaki usia ke 22 tahun, Otonomi Daerah dan menyongsong Dirgahayu HUT ke 73 Kemerdekaan Republik Indonesia ini perjalanan Otonomi Daerah kita saat ini sudah banyak menyemai manfaat dan kebaikan bagi seluruh rakyat. Bangsa kita semakin dewasa menyadari bahwa cara yang paling efektif mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah melalui penyelenggaraan Otonomi Daerah yang bersih dan demokratis. Itulah kenapa tema peringatan Hari Otonomi Daerah Ke XXII tahun 2018 ini adalah “ Mewujudkan Nawa Cita melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis”.

Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018 ini, juga diserahkan penghargaan kepada peraih juara I lomba olimpiade keperawatan tingkat nasional yang diikuti oleh mahasiswa Akademi Keperawatan Kota Pasuruan dan juga penghargaan kepada guru dan kepala sekolah berprestasi baik di tingkat TK, tingkat SD, tingkat SMP dan juga tingkat SMK Se-Kota Pasuruan dan guru PKLK  berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 serta pelajar teladan tingkat SMP. Seusai menyerahkan penghargaan dilanjutkan dengan pelepasan balon ke udara oleh Walikota Pasuruan didampingi Wakil Walikota Pasuruan, Ketua DPRD Kota Pasuruan, Jajaran Forkopimda Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan dan Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan.

Pada hari yang sama seusai upacara bendera  dilanjutkan dengan tasyakuran yang diselenggarakan di Gedung GOR Untung Surapati. Di hadiri Walikota beserta Ibu, Wakil Walikota beserta Ibu, Jajaran FORKOPIMDA, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Perwakilan MUI, Tokoh Pendidikan, Ulama, Kyai, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, para Rektor, Keluarga Besar P dan K, para mahasiswa/pelajar serta undangan lain.

“ Agenda peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018 sebagai berikut seminar pendidikan yang telah dilaksanakan pada hari Senin tanggal 30 April 2018 di Gedung Kesenian Dharmo Yudho diikuti oleh kepala sekolah dan guru TK, SD, SMP, SMA/SMK dengan peserta 914 orang. Upacara Hari Pendidikan Nasional dan Tasyakuran yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 2 Mei 2018 di halaman GOR Untung Surapati serta pemberian penghargaan kepada siswa, guru dan kepala sekolah berprestasi Tahun 2018. Tanggal 11 Mei 2018 dilaksanakan jalan sehat  diikuti kurang lebih 10.000 peserta terdiri dari siswa, guru dan kepala sekolah. Tanggal 12 sampai dengan tanggal 14 Mei 2018 akan dilaksanakan kegiatan pameran pendidikan sebanyak 90 stand dan pagelaran seni bertempat di Gedung Kesenian Dharmo Yudho. Adapun lomba yang akan dilaksanakan antara lain cerita bergambar, drum band dan fashion show.” Ujar Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan Bapak Drs. Suhariyanto.

“Atas nama Pemerintah Kota Pasuruan mengucapkan banyak terima kasih kepada keluarga besar Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan yang telah berusaha maksimal membantu Pemerintah Kota Pasuruan dalam memajukan pendidikan di Kota Pasuruan serta mewujudkan kegiatan dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018 mulai awal sampai dengan selesai sehingga berjalan dengan baik. Pemerintah Kota Pasuruan menerbitkan  Peraturan Daerah tentang Pendidikan dan ditindaklanjuti dengan Peraturan Walikota (Perwali) tentang pendidikan 12 tahun secara gratis. Selain itu Pemerintah Kota memperhatikan nasib guru yang statusnya masih GTT dan PTT yang selama ini menerima gaji sebulan Rp.300.000 nantinya kedepan akan naik menjadi Rp. 700.000 perbulan dan sudah dianggarkan dalam APBD Kota Pasuruan Tahun 2018 “. Demikian sambutan dan arahan Walikota Pasuruan Bapak Drs. H. Setiyono, M.Si.

Seusai sambutan diteruskan dengan pemotongan tumpeng oleh Walikota Pasuruan diberikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan, dilanjutkan dengan ramah tama.