Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2018 kemarin, Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pasuruan ikut serta memeriahkan Hari Anak Nasional tersebut, dengan menyelenggarakan Dialog Interaktif antara Walikota Pasuruan dengan forum Anak Se-Kota Pasuruan pada hari Jum’at tanggal 27 Juli 2018 di Pendopo Surga- Surga yang di hadiri Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala OPD terkait, Camat Se-Kota Pasuruan, Forum anak SE-Kota Pasuruan serta undangan lain.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pembangunan yang peduli terhadap anak, meningkatkan partisipasi anak dalam bersuara dan menyatakan pendapat dalam proses pembangunan Kota Pasuruan.

  “ Peserta dialog sebanyak 220 orang anak yang berasal dari forum anak Se-Kota Pasuruan, mulai dari forum anak tingkat Kota, Kecamatan dan Kelurahan. Dengan demikian, aspirasi ini sudah bisa dianggap dapat mewakili suara anak di Kota Pasuruan. Sebelumnya telah diselenggarakan pelatihan dasar kepemimpinan (LDKA)  yang peserta juga berasal dari forum anak mewakili kelurahan, kecamatan dan Kota. .’ Ujar Plt Kepala Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pasuruan Bapak Achmad Sudarto, SE, M.Si.

Dalam kesempatan ini Walikota Pasuruan Bapak Drs. H. Setiyono, M.Si menyampaikan selama 3 tahun berturut-turut, Kota Pasuruan memperoleh penghargaan Kota Layak Anak (KLA) dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) yaitu tingkat Pratama. Oleh sebab itu, mari kita kerja keras dan itu merupakan tantangan yang harus kita hadapi untuk mencapai penghargaan di tingkat/level yaitu Madya. Dalam penilaian KLA, Kementrian PPPA membagi lima kriteria yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA. Pemerintah Kota Pasuruan memfasitasi dan mengapresiasi terhadap Forum Anak sehingga kedepan bisa membantu Pemerintah Kota Pasuruan dalam menangani/menyelesaikan segala permasalahan anak. Oleh karena itu mari kita beri motivasi kepada anak-anak sehingga terbentuk generasi yang maju, kreatif, pintar, berwawasan luas yang di harapkan menjadi generasi penerus bangsa yang handal. Semua itu di butuhkan kerja keras seluruh elemen masyarakat Kota Pasuruan. Selamat berkarya.

Sebelum sambutan di laksanakan penandatanganan SK forum anak oleh Walikota Pasuruan di dampingi Plt Kepala Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pasuruan. Dan seusai sambutan di lanjutkan dengan dialog interaktif antara Walikota Pasuruan dengan forum Anak Se-Kota Pasuruan.