AktualPublikasi

Cegah Stunting, Pemkot Pasuruan Gelar “Fun With Plant” Gerakan Tanam Bibit Pohon

Pasuruan Kota Madinah. Dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) menggelar kegiatan Fun With Plant Taman Bibit Pohon sebagai wujud nyata upaya pencegahan stunting. Kegiatan yang digelar di Hutan Kota Sekargadung pada Jumat (4/07/2023) ini selaras dengan tema yang diusung pada peringatan Harganas 2023 yakni “Menuju Keluarga bebas Stunting untuk Indonesia Maju”

Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam kesempatan sambutannya menyampaikan apresiasi kepada DP3AKB serta seluruh pihak terkait yang telah menyelenggarakan program Fun With Plant gerakan tanam bibit pohon. 

“Saya mengapresiasi program kegiatan yang diselenggarakan oleh DP3AKB ini. Terimakasih telah membuat kegiatan yang menyegarkan, menyenangkan, menyehatkan, terlebih program ini sebagai upaya bersama dalam pencegahan stunting ” ujar Gus Ipul  

Pangan menjadi salah satu faktor untuk mencegah stunting, khususnya pemenuhan gizi. Dengan menaman pohon ini, Gus Ipul berharap program kegiatan ini dapat turut menurunkan angka stunting.

“Dalam mengatasi stunting, asupan ibu dan anak harus sehat dan bergizi. Disamping protein, sayuran hijau juga menjadi makanan penting. Diharapkan penanaman pohon ini dapat turut menurunkan angka stunting di Kota Pasuruan” ucapnya

Keseriusan pencegahan stunting tersebut, menurutnya, juga harus didukung oleh banyak pihak, seperti PKK, Karang Taruna, Kader Kesehatan, dan pihak lainnya. 

“Mari kita konsolidasi, ajak semua pihak terlibat dalam penurunan angka stunting, termasuk PKK, Karang Taruna, Kader Kesehatan untuk bersama-sama mensukseskan penururan stunting dengan cara yang sesuai dengan indikator-indikator yang telah ditentukan,” kata Gus Ipul

Selain itu, Gus Ipul juga mengajak untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan menerapkan “Lisa Bunga” lihat sampah buang pada tempatnya dimanapun kita berada.

“Mari kita jaga kebersihan lingkungan dimanapun berada, lihat sampah buang pada tempatnya. Kita wujudkan Kota Pasuruan menjadi kota yang bersih, lingkungan yang sehat, dan kemudian melalui kebersihan ini menginsipirasi banyak orang untuk terus menjaga kebersihan,” pungkasnya

Pada rangkaian kegiatan Fun With Plant, dilakukan penyerahan secara simbolis bibit tanaman cabai, tomat, dan terong serta peralatan bercocok tanam kepada empat Kelompok Kerja (Pokja) Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kelurahan Wirogunan, Kelurahan Gadingrejo, Kelurahan Panggungrejo, dan Kelurahan Kepel.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf,  Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Pasuruan Ani Adi Wibowo, S.Sos.I, M.I.Kom, Ketua Dharma Wanita (DWP) Kota Pasuruan Yanti Sri Wulanyuni SH,MM Kepala Perangkat Daerah Dinas terkait, Lurah di lingkungan pemerintah Kota Pasuruan, serta tamu undangan lainnya.