Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Jusuf Kalla (JK) menyerahkan Piala Adipura periode tahun 2017 sampai tahun 2018 kepada 146 penerima. penghargaan Adipura dan sertifikat di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta pada hari Senin, 14 Januari 2019.

Ada beberapa Kota dan Kabupaten yang menerima Piala Adipura kategori Kota Sedang, salah satunya yakni Pemerintah Kota Pasuruan menerima Piala Adipura ke 9 (sembilan) kali yang diterima oleh Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya menuturkan 146 Adipura itu terdiri dari 1 Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 sertifikat Adipura, 5 plakat Adipura, serta penghargaan kinerja pengurangan sampah untuk 11 kabupaten kota.

Adapun Anugerah Adipura diberikan pada kota yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan yang baik. Melalui evaluasi dan penilaian yang mendalam dengan kriteria ketat, sebanyak 119 kota mendapat anugerah Adipura.

Sertifikat Adipura diberikan pada kota yang berhasil meningkatkan kinerja secara signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Sebanyak 10 kota memenuhi kriteria ini, yaitu Batu, Kebumen, Cilegon, Nunukan, Paringin, Muntok, Sampang, Amuntai, Pattallassang, dan Tanah Grogot.

Sedangkan Plakat Adipura diberikan pada kota yang mempunyai sarana dan prasarana pengelolaan sampah terbaik, antara lain pasar terbaik, terminal terbaik, di taman kota terbaik, hutan kota terbaik, dan tempat pemrosesan akhir atau TPA terbaik.

Sebanyak 5 kota meraih kriteria ini dan mendapatkan plakat Adipura, yaitu Kota Jakarta Selatan untuk pasar terbaik, Kota Kendari untuk taman kota terbaik, Kota Jakarta Timur untuk hutan kota terbaik, Kota Malang untuk terminal terbaik, dan Kota Balikpapan untuk tempat pemrosesan akhir (TPA) terbaik.

“ Penghargaan yang terakhir diberikan kepada kota-kota yang mempunyai inovasi penting dalam pengurangan sampah melalui implementasi pembatasan kantong plastik satu kali pakai, serta meningkatkan daur ulang plastik melakui TPS 3R dan bank sampah serta juga ada 11 kota mendapatkan penghargaan kinerja pengurangan sampah pada 2018 “ Ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya.