Event Pasoeroean Djaman Bijen (PJB) kembali digelar tahun ini oleh Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kota Pasuruan, pada hari Jum’at sampai dengan hari Minggu tanggal 22 Maret sampai dengan tanggal 24 Maret 2019. Kegiatan Pasoeroean Djaman Bijen ini merupakan event tahunan yang juga merupakan ajang kreatifitas seni dan budaya para seniman dan budayawan Kota Pasuruan.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan yang ke-333 Tahun 2019 dan mengambil sebuah tema bijak yaitu seni dan budaya perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Adapun lokasi di halaman dalam GOR Untung Suropati Jalan Sultan Agung Pasuruan  dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Pasuruan pada hari Jum’at siang tanggal 22 Maret 2019 dengan upacara pembukaan dihadiri Sekretaris Daerah beserta Ibu, Ketua/Wakil Ketua/Anggota DPRD beserta Ibu, Jajaran Forkopimda beserta Ibu, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan beserta Ibu, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan, Camat/Lurah Se-Kota Pasuruan beserta Ibu serta seluruh elemen dan komunitas yang ada di Kota .

Usai seremoni pembukaan acara, berupa pengguntingan pita oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan Ibu Drg. Adisti Dwipayanti Raharto, Sp.Ort, rombongan pun berkeliling dari stan ke stan. Ada sekitar kurang lebih 90 stan yang diikuti oleh seluruh OPD, komunitas dan berbagai kelompok budaya yang ada di Kota Pasuruan. Seluruh peserta pun berlomba-lomba untuk mempercantik stan mereka dengan berbagai macam aksesori dan properti serta memakai pakaian yang bernuansakan jaman dahulu. Jumlah stan yang ada pun semakin banyak dan bervariatif. Kreasi stan-stan yang tersedia juga lebih semarak. Hal itu dikarenakan di tahun ini stan bagi para peserta, dibebaskan berkreasi dengan model stan yang di inginkan, asal bertemakan jaman dulu.

Menurut Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo ST, dengan penyelenggaraan Pasoeroean Djaman Bijen diharapkan dapat memberikan ruang gerak bagi para seniman dan budayawan guna berpartisipasi aktif dalam program pembangunan khususnya di bidang kepariwisataan. Serta bisa dipertahankan dan ditingkatkan di masa-masa mendatang sehingga bisa menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.Lebih lanjut dikatakan, kepada seluruh warga Kota Pasuruan untuk memeriahkan dan memanfaatkan event  Pasoeroean Djaman Bijen ini sebagai momentum untuk melestarikan warisan budaya bangsa sekaligus penggerak roda ekonomi usaha kecil menengah (UKM).

Dalam kesempatan ini Wakil Walikota Pasuruan menyampaikan ucapan terima dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para seniman dan budayawan, komunitas dan segenap masyarakat yang telah berperan aktif dalam mensukseskan kegiatan ini. Juga disampaikan terima kasih secara khusus kepada para tokoh masyarakat dan tokoh agama yang selama ini senantiasa menjadi motivator dalam  pelaksana program pembangunan di Kota Pasuruan.