Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Pasuruan menyelenggarakan kegiatan koordinasi  lembaga forum komunikasi kerukunan umat beragama (FKUB) di Rumah Makan Nikmat Rasa 2 Kota Pasuruan, pada hari Rabu sampai dengan hari Kamis tanggal 24 April sampai dengan tanggal 25 April 2018. Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil  Walikota Pasuruan di hadiri Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Kapolres Pasuruan  Kota, Komandan Kodim 0819 Pasuruan, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Pasuruan, Asisten I, Kepala OPD dan Camat, Dewan Penasehat/Pengurus FKUB Kota Pasuruan, nara sumber, peserta kegiatan serta undangan lain.

Menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Pasuruan Bapak Drs.H. Mas Djoko Baroto, M.Si mengatakan tujuan kegiatan ini  adalah untuk mewujudkan pemahaman kerukunan umat beragama untuk semua tokoh agama/keyakinan dalam memelihara stabilitas wilayah dengan membangun dan mengembangkan komunikasi aktif terhadap Pemerintah Kota Pasuruan.  Peserta kegiatan ini adalah pengurus FKUB Kota, pengurus FKUB Kecamatan masing-masing 15 orang dan 10 orang pengurus organisasi keagamaan sehingga jumlah seluruhnya sebanyak 100 orang peserta. Bentuk kegiatan ini adalah pembinaan  kerukunan umat beragama/keyakinan serta penyajian  materi dan diskusi masalah kekinian  yang terkait dengan kerukunan umat beragama yang ada di Kota Pasuruan.

  “ Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pengurus FKUB dan dewan penasehat FKUB Kota Pasuruan serta tokoh agama Se-Kota Pasuruan atas pengabdiannya selama ini sehingga kerukunan keragaman umat beragama di Kota Pasuruan dapat terpelihara dengan baik. FKUB ini salah satu modal  dasar pembangunan dan melalui forum ini diharapkan mampu menciptakan  stabilitas wilayah yang kondusif karena dengan situasi damai akan banyak menarik investor berinvestasi di Kota Pasuruan.” Ujar Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST.

Seusai sambutan diteruskan dengan pemaparan materi oleh narasumber.