GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) adalah program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan Dan Perikanan mulai tahun 2004 yang bertujuan untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.

Kegiatan GEMARIKAN ini akan dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan di setiap tahunnya dengan tujuan untuk meningkatkan  angka konsumsi ikan khususnya di Kota Pasuruan.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Perikanan Kota Pasuruan menyelenggarakan sosialisasi GEMARIKAN pada hari Kamis tanggal 25 April 2019 di UPT SDN Kebonagung. Kegiatan tersebut secara resmi di buka oleh Wakil Walikota Pasuruan di hadiri Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Asisten II Bidang Ekonomi Dan Pembangunan, Perwakilan Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Kepala OPD terkait, Camat Se-Kota Pasuruan, Ketua Tim Penggerak PKK, Kepala UPT SDN Kebonagung, narasumber  serta undangan lain.

Menurut Plt. Kepala Dinas Perikanan Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Edy Ana Setyowidodo, MM mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk generasi bangsa yang sehat, kuat dan cerdas. Dengan budaya makan ikan sejak dini maka akan terbentuklah generasi penerus bangsa yang berkualitas. Sosialisasi ini diikuti 150 siswa. Sasaran dari program ini adalah anak-anak usia sekolah mulai dari TK, SD, SMP sampai dengan SMU/SMK serta Pondok Pesantren.

“ Melalui GEMARIKAN di harapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal dengan melibatkan seluruh elemen bangsa. Ikan sebagai salah satu  sumber protein yang murah dibandingkan  dengan  daging, dengan segenap  keunggulannya haruslah menjadi  hidangan prioritas. Ikan dapat diolah  menjadi menu hidangan yang menarik melalui diversifikasi  olahan seperti sosis, nugget, bakso, kaki naga, abon ikan serta diversifikasi produk olahan berbahan ikan  harus terus dilakukan. “ Ujar Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST.