Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019, Pemerintah Kota Pasuruan menyelenggarakan upacara bendera pada Hari Kamis tanggal 2 Mei 2019 di Gelanggang Olahraga (GOR) Untung Surapati Kota Pasuruan. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Walikota Pasuruan, tampak hadir Ketua DPRD Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Jajaran Forkopimda Kota Pasuruan, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Camat dan Lurah Se-Kota Pasuruan, para Rektor, Kepala Sekolah SD/SMP/SMA sederajat di lingkungan Kota Pasuruan, para guru dan peserta upacara terdiri dari para ASN, Mahasiswa/mahasiswi, para pelajar dan paskibraka.

Pidato Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia di bacakan  Inspektur Upacara Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST mengatakan perlu kita ketahui bersama bahwa terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional kita. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pasal 13 menyebutkan tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

   Lebih lanjut dikatakan, tema hari pendidikan nasional tahun 2019 adalah menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan. Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan. Selamat hari pendidikan nasional. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Mulia, Maha Pemberi Anugerah, selalu meridhai ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta.

Pada hari yang sama seusai upacara bendera dilanjutkan dengan tasyakuran yang diselenggarakan di Gedung GOR Untung Surapati. Di hadiri Wakil Walikota beserta Ibu, Jajaran Forkopimda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Perwakilan MUI, Tokoh Pendidikan, Ulama, Kyai, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, para Rektor, Keluarga Besar P dan K Kota Pasuruan, para mahasiswa/pelajar serta undangan lain.

Dalam tasyakuran tersebut, Wakil Walikota Pasuruan menyerahkan penghargaan kepada juara 1 panahan beregu standart bow putra umum tingkat nasional piala Gunernur AAU open 2019, juara  harapan II pekan cipta seni pelajar tingkat Provinsi Jawa Timur, penari terbaik dalam pekan cipta seni pelajar Provinsi Jawa Timur, lomba pemberdayaan pengembangan seni tradisi tingkat Provinsi Jawa Timur di raih SDN Pekuncen dengan predikat perunggu, guru berprestasi jenjang TK, SD Dan SMP serta kepala sekolah berprestasi.

Sebagai wujud syukur kepada Allah SWT, dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Wakil Walikota Pasuruan diberikan kepada Plt. Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan Ibu Ir. Siti Zuniati, MM dilanjutkan dengan ramah tamah.