Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 yang bertempat di Ballroom, Hotel Shangrila-La Jakarta Pusat pada hari Kamis tanggal 9 Mei 2019.

Pelaksanaan Musrenbangnas 2019 dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir.H. Joko Widodo.Tujuan Musrenbangnas 2019 untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020 serta untuk melakukan sinkronisasi dan penajaman program/kegiatan prioritas nasional antara Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Sebanyak 516 peserta, yaitu Gubernur, Walikota/Bupati se Indonesia hadir dalam acara Musrenbangnas 2019, dan juga para Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, para Pimpinan Lembaga Negara, para Menteri, Sekjen/Sesmen/Sestama, Sekretaris Daerah di lingkup Provinsi, Kepala Bappeda Provinsi, para pejabat Eselon I/II/Fungsional Perencana Utama di lingkup Bappenas, Tim Penilai Independen PPD dan Media. Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST juga hadir mengikuti acara Musrenbangnas 2019 sampai selesainya acara penutupan.

Agenda Persidangan (Desk) Musrenbangnas akan dilaksanakan pada tanggal 10-14 Mei 2019 yang akan membahas diantaranya penyepakatan program, kegiatan, lokasi, target dan anggaran antara Bapennas, Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi dalam bentuk multilateral dan disepakati dalam bentuk berita acara kesepakatan.

Acara Musrenbangnas 2019 ditutup secara resmi oleh WakiL Presiden Republik Indonesia Bapak M.Jusuf Kalla pada sore hari setelah seluruh rangkaian kegiatan selesai.