Aktual

Workshop Character Building dengan tema Membangun Pasuruan Dengan Karakter Santri

Dalam rangka menyambut Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pasuruan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan,  Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pasuruan, Kementerian Agama Kota Pasuruan dan Gramedia Malang Basuki Rahmat menyelenggarakan Workshop Character Building dengan tema Membangun Pasuruan Dengan Karakter Santri. Workshop tersebut diselenggarakan pada hari Jum’at tanggal 27 September 2019 bertempat di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kota Pasuruan. Workshop tersebut dibuka secara resmi oleh Plt. Walikota Pasuruan dihadiri Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Ketua MUI Kota Pasuruan beserta jajarannya, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Narasumber, para santri serta undangan lain.

Menurut Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST mengatakan Kota Pasuruan terkenal akan Kota Santri dimana banyak sekali Pondok Pesantren  yang ada di Kota Pasuruan. Tentu Pemerintah Kota Pasuruan  sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan workshop seperti ini, karena  dari kegiatan ini kita bisa belajar bagaimana membangun  Kota Pasuruan  yang diawali  dari kita sendiri, dari hal yang kecil  dan tentunya dimulai dari sekarang.

Lebih lanjut dikatakan, kita semua haruslah cerdas sosial. Itulah mungkin inti dari kegiatan kita hari ini. Kita menginginkan tatanan masyarakat Kota Pasuruan yang harmonis, punya tenggang rasa yang kuat, dan semangat bergotong royong  yang guyub. Ini rasanya agak mustahil diwujudkan jika tidak ada role modelnya. Maka itu, menjadikan setiap santri sebagai contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari adalah langkah yang paling memungkinkan masyarakat membutuhkan contoh nyata untuk cerdas secara sosial. Kehidupan agamis sebuah Kota kadang redup dan tak punya roh lantaran tiada kultur dan kesadaran warganya. Di sinilah peran  para santri menjadikan Kota ini berbeda dari yang lainnya. Bahwa di Kotapun kita bisa menciptakan suasana kecerdasan sosial. Selamat mengikuti workshop, semoga Allah SWT selalu memberi pertolongan dan hidayahnya kepada kita semua.