Asia Africa Festival (AAF) dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yakni pada hari Jum’at sampai dengan hari Minggu tanggal 28 Juni sampai dengan tanggal 30 Juni 2019. Kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama antara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Pemerintah Kota Bandung dengan agenda pada hari Jum’at Malam diawali dengan Jamuan Makan Malam (Welcome Dinner) di Kantor Pemerintah Kota Bandung Jalan Wastukancana Nomor 2 Babakan Ciamis Kecamatan Sumur Bandung Kota Bandung Jawa Barat.

Dalam Jamuan Makan Malam tersebut dihadiri Wakil Walikota Bandung, Duta besar negara-negara sahabat, Asisten Pengembangan Pariwisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Bupati dan Walikota Se-Indonesia, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Forkopimda Kota Bandung, Kepala Biro Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung serta undangan lain.

Dalam kesempatan ini Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno    Prasetyo, ST hadir dalam Jamuan Makan Malam didampingi Ketua DPRD Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan serta Kepala OPD terkait di LingkunganPemerintah Kota Pasuruan.

Untuk memeriahkan Jamuan Makan Malam, Tim Sanggar Seni Dharma Budaya Kota Pasuruan dengan jumlah penari 9 (sembilan) orang dan jumlah Pengrawit 11 (sebelas) orang  menyuguhkan Tari Trajeng  yang menggambarkan kesetiaan perempuan saudara dan kerabat Nyi Roro Kinjeng (Trah Kinjeng) dalam menjaga gamelan Kyai Jimat dan melindungi wilayah Tanjung Tembikar Pasuruan yang kini dikenal dengan sebutan Desa Trajeng. Dengan kelembutan, keluwesan dan kekuatan jiwa patriot yang mumpuni, para wanita Trajeng yang bercampur baur antara etnis Cina dan Jawa bahu membahu mewujudkan kesetiaannya. Dan dengan tusuk ronyok yang dipakai adalah senjata pamungkas dan symbol akan keteguhan hati, bersatu bersama dalam kesetiaan Nyi Roro KInjeng meraih kedamaian.

Perlu diketahui, agenda Asia Africa Festival (AAF) pada hari Sabtu tanggal 29 Juni 2019 yakni Karnaval Asia Africa Africa dan Gelaran Seni Budaya Asia Africa pukul 08.00 Wib sampai dengan selesai dengan rute sepanjang Jalan Asia Afrika Bandung. Pada hari Minggu tanggal 30 Juni 2019 dengan agenda City Tour dan kegiatan solidaritas dan amal dengan mempelajari cara membuat batik di pusat kerajinan rupa-rupi Bandung.