Dalam rangka penilaian penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, maka pada hari Rabu tanggal 14 Agustus 2019 bertempat di Gedung Manggala Wababhakti Jalan Jenderal Gatot Subroto Jakarta Pusat , Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST di dampingi Ketua beserta Sekretaris DPRD Kota Pasuruan, Asisten 1 Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan Dan Pertamanan (DLHKP), Plt.Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman menyampaikan pemaparan di depan Tim Panel Penilai Nirwasita Tantra diantaranya Chalid M, SH, Dr.S.Adi Wibowo, Hendri Subagio, SH, Prof. Hariadi K, Brigitta Isworo L dan Prof. Lilik Budi P.
Wakil Walikota Pasuruan menyampaikan pemaparan diantaranya Visi Dan Misi Kota Pasuruan, Selayang Pandang Kota Pasuruan, Sasaran Misi V, Isu Prioritas Lingkungan Hidup Daerah, Analisis D – P – S – I – R (Driving Force – Pressure – State – Impact – Response) Isu Lingkungan Hidup Daerah, Tata Guna Lahan, Kualitas Air Dan Udara, Resiko Bencana, Tata Kelola Kota Serta Inovasi Daerah.
Dasar pemberian penghargaan Nirwasita Tantra ini dinilai dari Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) yang disusun setiap tahun oleh Provinsi, Kabupaten dan Kota. Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) disusun oleh Tim yang dibentuk Kepala Daerah yang anggotanya melibatkan unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Perguruan Tinggi (PT) dan Lembaga Masyarakat. Tim ini harus dikukuhkan dengan Surat Keputusan Kepada Daerah.
Perlu diketahui, Nirwasita Tantra adalah penghargaan Pemerintah untuk Kepala Daerah atas Kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan/program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.