Pemerintah Kota Pasuruan melalui Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Pasuruan pada hari Rabu tanggal 21 Agustus  2019 bertempat di Rumah Makan Nikmat Rasa 2 Jalan Veteran Kota Pasuruan menyelenggarakan kegiatan sarasehan organisasi kemasyarakatan / lembaga swadaya masyarakat. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Pasuruan didampingi Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Jajaran Forkopimda, Kepala OPD terkait Kota Pasuruan, Camat Se-Kota Pasuruan, Narasumber,  peserta dan undangan lain.

“ Maksud kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi dan mensinergikan antar organisasi kemasyarakatan  dan lembaga swadaya masyarakat Se-Kota Pasuruan dengan Pemerintah Daerah. Adapun tujuannya adalah untuk menjalin komunikasi antara  organisasi kemasyarakatan/lembaga swadaya masyarakat dan Pemerintah guna membangun dan memelihara kondusifitas wilayah yang damai dalam rangka pembagunan di daerah. Tema kegiatan “ Melalui sarasehan penguatan ketahanan bangsa melalui organisasi kemasyarakatan Kota Pasuruan”.  Kegiatan ini diikuti oleh organisasi kemasyarakatan profesi,  organisasi kemasyarakatan kepemudaan, organisasi kemasyarakatan keagamaan dan lembaga swadaya masyarakat Se-Kota Pasuruan dengan jumlah 80 peserta. “ujar  Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Mas Djoko Baroto, M.Si.

Sambutan dan arahan Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST menyampaikan melalui sarasehan ini, kita berharap agar organisasi kemasyarakatan (ormas) dapat menyampaikan pendapat, gagasan serta dapat memberi kontribusi penguatan ketahanan bangsa melalui ketahanan wilayah di mana kita berada. Peran organisasi kemasyarakatan yang kita harapkan adalah agar masyarakat dapat memperteguh pentingnya Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Serta organisasi kemasyarakatan harus berperan aktif sebagai motivator dan pelopor masyarakat untuk maju di barisan depan penggerak masyarakat sipil yang terus memerlukan penguatan dan pemberdayaan.

Seusai sambutan diteruskan dengan pemaparan materi dan tanya jawab.