Pada tanggal 24 Juli 1962 di Yogjakarta, Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) terbentuk atas prakarsa para tokoh organisasi pensiunan. Jadi PWRI adalah merupakan wadah perjuangan para pensiunan Pegawai Negeri Sipil Pusat dan Daerah, karyawan BUMN dan BUMD serta pejabat negara, mantan pejabat negara yang disebut Wredatama serta sebagai wadah perjuangan untuk kesejahteraan para anggota dan keluarganya.   

Oleh karena itu Wakil Walikota Pasuruan selaku Wakil Pembina PWRI Kota Pasurun pada hari Kamis tanggal 29 Agustus 2019 menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Ke 57 Tahun 2019 dan pengukuhan   pengurus   Kerta   PWRI   Kota   Pasuruan masa bhakti         Tahun 2019 – 2024 yang anggotanya terdiri dari semua wanita dan anggota luar biasa wanita PWRI dengan tujuan untuk menampung aspirasi wanita di lingkungan PWRI . Tema Peringatan Hari Ulang Tahun Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Ke 57 Tahun 2019 ini adalah “Meningkatkan kiprah Wredatama dalam pemberdayaan masyarakat untuk memperkuat jati diri bangsa”. Kegiatan tersebut bertempat  di Kelurahan Purworejo Kecamatan Purworejo Kota Passuruan. Tampak hadir Kepala OPD terkait, Camat, Pengurus PWRI Kota Pasuruan, Pengurus Ranting Se-Kota Pasuruan serta undangan lain.

Menurut ketua panitia penyelenggara Bapak Bambang mengatakan bahwa tujuan dari PWRI adalah mewujudkan PWRI sebagai organisasi yang kuat  dan mandiri, yang mampu memberi dorongan moral bagi terlaksananya kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai dengan cita-cita kemerdekaan Indonesia.  Disamping itu juga ingin mewujudkan peningkatan kesejahteraan dan kesetiakawanan  wredatama pada khususnya  dan golongan lansia pada umumnya.

Dalam kesempatan ini Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus dan anggota PWRI Kota Pasuruan, karena usianya yang sudah tidak muda lagi tetapi masih memiliki semangat pembangunan yang tinggi dan masih menjadi panutan bagi generasi muda.  Diharapkan juga PWRI Kota Pasuruan agar lebih berperan aktif dan berpartisipasi dalam pembangunan masyarakat secara luas melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat diantaranya melalui pos pemberdayaan masyarakat secara umum.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai insan yang handal, pengurus dan anggota PWRI harus memiliki  komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas, memiliki ketulusan/keikhlasan hati, sukarela menjalankan  tugas dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab. Selamat  Hari Ulang Tahun Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Ke 57 Tahun 2019. Semoga Allah SWT melimpahkan karuniaNya sehingga dapat selalu  eksis dan arif dalam membaca perubahan-perubahan yang terjadi serta mampu memberikan alternatif solusinya. Sesuai sambutan diteruskan dengan pemotongan tumpeng oleh Wakil Walikota Pasuruan diberikan kepada Ketua PWRI Kota Pasuruan