Dalam rangka ikut serta dalam memelihara persatuan, kesatuan dan mengedukasikan program nasional kesadaran bela negara, kita menyadari keberadaan masyarakat yang majemuk merupakan kekayaan Bangsa Indonesia yang harus diakui, diterima, dihormati dan dijaga serta diikat oleh suatu identitas bersama.  Oleh karena itu Pemerintah Kota Pasuruan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik melaksanakan kegiatan pembinaan kesadaran bela negara pada hari Selasa sampai dengan hari Rabu Tanggal 10 September sampai dengan tanggal 11 September 2019 di ruang pertemuan Rumah Makan Gedoeng Woloe Kota Pasuruan. Kegiatan tersebut secara resmi di buka oleh Wakil Walikota Pasuruan dihadiri Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Perwakilan Kodim 0819  Pasuruan, Kepala OPD terkait, Camat Se Kota Pasuruan, Narasumber dan peserta.

          Menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Mas Djoko Baroto, M.Si mengatakan maksud dan tujuan kegitan ini adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air  bagi generasi muda Kota Pasuruan. Peserta kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara Kota Pasuruan Tahun 2019 adalah SMA Negeri 1 sampai dengan 4 Kota Pasuruan masing-masing 10 siswa, SMK Negeri 1 dan 2 Kota Pasuruan masing-masing 10 siswa. Jumlah total peserta sebanyak 60 siswa. Narasumber yaitu  Wakil Walikota Pasuruan, Kodim 0819  Pasuruan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pasuruan, Rektor Universitas Merdeka Kota Pasuruan dan Kepala Bidang Ideologi Wasbang dan Warnas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik  Kota Pasuruan.

          Sambutan dan arahan Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST mengatakan kegiatan pembinaan kesadaran bela negara yang diselenggarakan Pemerinrtah Kota Pasuruan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pasuruan merupakan bagian kegiatan yang penting, karena ketahanan nasional yang terintegrasi pada setiap aspek kehidupan bangsa dan negara yang mengandung kemampuan, mengembangkan kekuatan nasional, disamping telah dilakukan ranahnya oleh TNI dan Polri yang terlatih secara profesional, maka sangat diperlukan keterlibatan masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi untuk menangkal dan mencegah segala bentuk ancaman, tantangan terhadap keutuhan bangsa bersama-sama rakyat Indonesia. Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

          Dalam kesempatan ini Wakil Walikota Pasuruan mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kota Pasuruan khususnya generasi muda. Mari tumbuh kembangkan bersama-sama meningkatkan kesadaran bela negara agar Indonesia menjadi generasi yang tangguh punya daya saing dapat mengelola kecerdasan pengetahuan dan keahlian menjadi produktifitas bangsa.          Seusai sambutan diteruskan dengan pemaparan materi oleh narasumber