Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2019, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana Kota Pasuruan pada hari Sabtu Pagi  tanggal 26 Oktober  2019  bertempat di Taman Pekuncen Kota Pasuruan Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo Pasuruan menyelenggarakan kegiatan Gebyar Hari Anak Nasional Kota Pasuruan. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Plt. Walikota Pasuruan di hadiri Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan,  Asisten, Kepala OPD Kota Pasuruan, Camat dan Lurah Se-Kota Pasuruan, Ibu Ketua TP PKK Kota Pasuruan, Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan, Perwakilan UNICEF dan LPKIPI, Ketua Tim Gugus Tugas KLA Kota Pasuruan, Pembina dan Ketua Tim Advokasi KLA Kota Pasuruan, kalangan dunia usaha, perbankan, pemerhati anak, Ketua OSIS Se-Kota Pasuruan dan peserta Gebyar  Hari Anak Nasional.

“ Maksud dan tujuan  kegiatan ini adalah menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media, pemerintah dan Negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk anak serta memberikan perhatian dan informasi yang seluas-luasnya kepada seluruh anak dan keluarga tentang pentingnya meningkatkan kualitas anak melalui peningkatan pengasuhan keluarga yang berkualitas. Mendorong pengembangan kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak  hingga ke tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan dalam rangka mengupayakan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak serta meningkatkan jejaring kerja dan kemitraan antara Pemerintah dengan masyarakat, termasuk organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat dan dunia usaha. Peserta Gebyar sejumlah 340 anak, yang merupakan perwakilan dari masing-masing Forum Anak Kelurahan Se-Kota Pasuruan. Tema “Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak. “ Ujar Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana Kota Pasuruan Ibu Ir. Sugiarti, MSi..

Sambutan Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST mengatakan pada semua anak-anak Kota Pasuruan harus bisa menjadi agen perubahan dalam pembangunan, serta mampu bertahan dalam berbagai situasi dan perubahan yang ada Mampu menjadi motivator, fasilitator, inovator, dan kreator sehingga dapat berbagai ilmu pengetahuan dan pengalaman kepada teman-teman lainnya. Tunjukkan kepada orang tua, masyarakat dan negara ini bahwa kalian adalah anak-anak mandiri yang bisa dibanggakan, generasi  yang patut dan layak diharapkan, bisa meneruskan cita-cita bangsa ini.

Sebelum sambutan, didahului dengan pemberian penghargaan kepada Plt. Walikota Pasuruan dari LPKIPI dan pemberian kenang-kenangan kepada Plt. Walikota Pasuruan  dari SD Al-Kautsar. Disamping itu ada juga pemberian hadiah kepada Forum Anak Kelurahan Gadingrejo karena sebagai Forum Anak terbaik tingkat nasional. Dilanjutkan dengan hiburan band komunitas disabilitas Kota Pasuruan.