Anak merupakan awal mata rantai manusia yang sangat menentukan wujud dan kehidupan suatu bangsa pada masa depan. Oleh karena itu, menyiapkan generasi muda yang berkualitas sebagai penerus bangsa berarti membangun dan menyejahterakan kehidupan anak sedini mungkin, kepada anak perlu diberikan bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani dan rohani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia berbudi luhur, bersusila, cerdas dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Penyelenggaraan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 2019 dengan melaksanakan beberapa lomba ajang prestasi pendidik PAUD Se-Kota Pasuruan merupakan sebuah gagasan maju untuk menumbuh kembangkan potensi yang ada pada diri anak, sekaligus berkeinginan melihat anak-anak usia dini beaktifitas secara kompetitif dengan sesama teman sebaya, bergembira, bermain dan ceria bersama, juga untuk meningkatkan kesadaran anak akan hak dan kewajiban dan tanggung jawabnya kepada orang tua, masyarakat serta kepada bangsa dan negara. Pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Dari narasi tersebut diatas, maka Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan bekerjasama dengan Forum PAUD dan HIMPAUDI pada hari Kamis  tanggal 31 Oktober 2019, bertempat di Taman Sekar Gadung Kota Pasuruan menyelenggarakan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 2019 dengan melaksanakan beberapa lomba ajang prestasi pendidik PAUD Se-Kota Pasuruan. Kegiatan tersebut di buka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, dihadiri Jajaran Forkopimda, Asisten, Ibu Ketua Forum PAUD Kota Pasuruan, Kepala Kementrian Agama Kota Pasuruan, Kepala OPD, Ibu Ketua GOPTKI Kota Pasuruan, Camat/Lurah Se-Kota, bunda-bunda PAUD Se-Kota, Anak-anak PAUD serta undangan lain.

Menurut Plt. Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan Ibu Ir. Siti Zuniati, MM mengatakan maksud diadakan Gebyar PAUD yaitu menguji sportivitas, kreatifitas dan inovasi dalam mengekpresikan pelaksanaan pembelajaran di kelas melalui beberapa kegiatan yang ditampilkan  baik pentas seni maupun keterampilan-keterampilan anak PAUD dan juga pendidiknya. Sedangkan tujuannya yaitu menyiapkan anak didik berkualitas sejak dini agar tumbuh menjadi anak didik yang cerdas, ceria, berkarakter dan berakhlak mulia serta memajukan kreatifitas dan inovasi pendidik PAUD dalam pelaksanaan pembelajaran agar lebih profesional, kompeten dan memiliki daya saing yang handal. Peragaan pentas seni dan keterampilan diikuti 800 siswa PAUD Se-Kota Pasuruan. Kegiatan lomba untuk pendidik PAUD dari setiap Kecamatan Se-Kota Pasuruan antara lain lomba bercerita, lomba permainan tradisional dan lomba membuat alat peraga edukatif (APE). Masing-masing lomba akan ditetapkan juara I, II dan III dan harapan I, II dan III.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Bahrul Ulum MM  berharap dengan kegiatan ini bahwa PAUD bukan semata-mata tanggung jawab Pemerintah dan lembaga PAUD saja, akan tetapi masyarakat dan orang tua juga harus bersama-sama berperan aktif mensukseskan PAUD sesuai peran masing-masing. dalam penyelenggaraan gebyar PAUD ini. Dan  juga diharapkan agar dapat memberikan kesempatan bagi anak-anak PAUD untuk melatih dan menunjukan kreatifitasnya sehingga akan menjadi generasi penerus bangsa yang berprestasi dimasa depan.

Lebih lanjut dikatakan, kepada guru-guru PAUD yang ada disini saya sampaikan terima kasih dan saya mengharapkan untuk tetap semangat mendidik anak-anak PAUD karena anak didik ini merupakan cikal bakal generasi masa depan yang akan memajukan daerah kita, Kota Pasuruan yang kita cintai ini.

Seusai sambutan diteruskan dengan penampilan gerak dan lagu anak-anak PAUD Se-Kota. Dilanjutkan dengan peninjauan lomba-lomba gebyar PAUD oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan beserta seluruh undangan yang hadir.