Aktual

PUNCAK PERINGATAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT KE XVI DAN HARI KESATUAN GERAK PKK KE 47 TAHUN 2019

inspiring city PASURUAN, kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), merupakan upaya untuk menumbuh kembangkan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan. Gotong royong merupakan modal sosial yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, menggambarkan adanya proses bekerja bersama-sama saling berbagi peran dan tugas secara bersama sebagai bagian dari pemberdayaan diri secara kolektif.

Gotong royong yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi, rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat dalam pembangunan melalui pelibatan lembaga kemasyarakatan harus tetap kita lestarikan. Upaya pelestarian ini dimaksudkan agar dapat meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan menuju keluarga sehat sejahtera, guna mencapai masyarakat yang adil dan makmur. Untuk itu mari kita jadikan gotong royong masyarakat dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga sebagai momentum kebersamaan, kepedulian serta komitmen bersama dalam menuju masyarakat yang sejahtera.

 Dari narasi tersebut diatas, maka Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pasuruan bekerja sama dengan Kesatuan Gerak PKK Kota Pasuruan menyelenggarakan Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVI dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47 Tahun 2019. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 3 (tiga) hari mulai hari Selasa sampai dengan hari Kamis tanggal 5 November sampai dengan tanggal 7 November 2019 dan secara resmi di buka oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan di GOR Untung Suropati  Jalan Sultan Agung Kota Pasuruan.  Tampak hadir Jajaran Forkopimda Kota Pasuruan, Asisten, Kepala OPD Se-Kota Pasuruan, Camat Se-Kota Pasuruan, Lurah Se- Kota Pasuruan, Ibu Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan beserta anggota, Para pelaku dunia usaha selaku peserta serta undangan lain.

Menurut Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana Kota Pasuruan Ibu Ir. Sugiarti, M.Si  mengatakan maksud dan  tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian serta  peran aktif masyarakat berdasarkan kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan menuju pada penguatan integrasi sosial.

Sambutan dan arahan Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Bahrul Ulum , MM mengatakan Bulan Bhakti Gotong Royong merupakan momentum kita bersama untuk mengingatkan kita semuanya tentang arti penting gotong royong, terutama kepada generasi penerus yang akan memikul sejarah ke depan. Kita perlu menanamkan semangat gotong royong kepada anak-anak kita, kepada generasi muda kita, sebab merekalah pemuda masa depan bangsa ini.

Lebih lanjut dikatakan semangat gotong royong memang harus ditanamkan sejak dini dalam proses pendidikan anak-anak kita selaku generasi muda. Itulah sebabnya semangat gotong royong harus diajarkan melalui kegiatan praktik-praktik yang nyata dan bukan sekedar wacana. Hari ini juga kita memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK yang tujuannya adalah untuk mengingatkan kita semua tentang peran keluarga khususnya peran ibu, peran perempuan dalam membangun keluarga yang sehat dan sejahtera. Sebab keluarga yang kuat merupakan pondasi bagi kita untuk membangun Kota Pasuruan untuk maju dan sejahtera.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada para ibu dan kaum perempuan, para penggiat PKK yang tanpa lelah dan dengan penuh semangat telah melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat. Perlu pula disampaikan bahwa dalam rangka memperingati BBGRM dan HKG PKK ini sebagai bentuk kepedulian dan fasilitasi terhadap UKM untuk memasarkan produk-produknya. Sehingga dalam kesempatan ini kami mencoba mengumpulkan dan menampilkan berbagai pelaku UKM Kota Pasuruan dan Daerah lain untuk bisa memamerkan hasil produksinya sebagai sarana promosi dan media perdagangan.

Sekretaris Daerah Kota Pasuruan juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada para pengusaha yang telah berpartisipasi, menampilkan produk-produk khas yang menjadi unggulan masing masing. Dengan memamerkan produk, diharapkan mampu mendongkrak kreatifitas, daya jual dan daya saing. Semoga dengan peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan HKG PKK ini, kita dapat menghadapi hari esok yang lebih baik melalui pembangunan di segala aspek kehidupan, sekaligus mengunggah kembali kesadaran kita akan pentingnya nilai-nilai kegotong-royongan.

Seusai sambutan diteruskan dengan menabuh gong oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan sebagai tanda dibukanya Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVI dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47 Tahun 2019. Dilanjutkan dengan peninjauan stand pameran produk unggulan.

Sebelum menabuh gong, diawali dengan penyerahan hadiah pemenang lomba-lomba tahun 2019 yaitu pemenang lomba KB/KS tingkat Kota Pasuruan, pemenang lomba kebersihan lingkungan dengan hatinya PKK tingkat Kota Pasuruan, pemenang lomba pelaksana terbaik UP2K PKK tingkat Kota Pasuruan serta penyerahan piagam penghargaan Adhi Bhakti Madya PKK dan penyematan PIN emas kepada Ny. Emawati kader Tim Penggerak PKK Kelurahan Kebonagung dengan masa pengabdian 16 tahun.