Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Ke 74 Tahun 2019, dilaksanakan pada pukul 08.00 Wib pada hari Minggu tanggal 10 November 2019 bertempat di Halaman GOR Untung Suropati Jalan Sultan Agung Kota Pasuruan. Bertindak sebagai inspektur upacara Plt. Walikota Pasuruan. Dalam kesempatan ini hadir, Ketua/Wakil Ketua/Anggota DPRD Kota Pasuruan, Jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Asisten, Kepala OPD, TNI/Polri, Para Veteran/Pejuang Kemerdekaan, Para Kepala Sekolah Se-Kota Pasuruan, Para Guru, Camat/Lurah Se-Kota Pasuruan, ASN di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Organisasi Kepemudaan, Mahasiswa/Mahasiswi serta siswa-siswi sekolah.
Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia dibacakan oleh Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST mengatakan dengan peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”. Selain itu peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak- anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa kini”.
Lebih lanjut dikatakan, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya. Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional. Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu samalain. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju.
Selamat Hari Pahlawan 2019, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada bangsa Indonesia agar dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu negeri. Sekali lagi jadilah pahlawan masa kini yang membanggakan negeri.
Seusai upacara bendera dilanjutkan dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Pasuruan.