Inspiring City Pasuruan. Mahakarya seni dan budaya Kota Pasuruan ini merupakan event yang setiap tahunnya diadakan Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga. Pameran seni dan budaya ini bertujuan untuk mengangkat seni dan budaya Kota Pasuruan agar dikenal warga Kota Pasuruan dan luar Kota Pasuruan, serta pameran keris ini bukan semata-mata merupakan hal yang bersifat mistis namun semata-mata sebagai upaya melestarikan warisan budaya Indonesia dimana keris merupakan benda pusaka Indonesia yang memiliki sejarah sebagai alat/senjata perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut dan pertahanan kemerdekaan Republik Indonesia, maka dari itu kita sebagai penerus bangsa memiliki tanggung jawab  untuk melestarikan warisan budaya tersebut dan sebagai wujud rasa penghargaan atas hasil karya leluhur bangsa ini.

Oleh karena itu, Mahakarya Seni dan Budaya Kota Pasuruan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Kota Pasuruan, dengan menampilkan berbagai kegiatan yakni pameran multy produk dan mebel, pameran produk UMKM mengangkat kearifan lokal Kota Pasuruan, pameran bonsai, pameran bursa keris, sarasehan budaya, festival pencak silat, festival melukis mural, serta festival lagu jawa (vocal solo). Mahakarya Seni Dan Budaya Kota Pasuruan diselenggarakan selama 3 (tiga) hari berturut-turut mulai hari Jum’at sampai dengan hari Minggu tanggal 13 Desember sampai dengan tanggal 15 Desember 2019 di GOR Untung Suropati Jalan Sultan Agung Kota Pasuruan. Kegiatan tersebut di buka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan dihadiri jajaran Forkopimda Kota Pasuruan,  Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan, Asisten, Kepala OPD, Camat dan Lurah SeKota Pasuruan, Rektor Universitas Merdeka Pasuruan, pegiat seni dan budaya dari Jawa Timur serta luar Jawa Timur, peserta pameran serta undangan lain.

Menurut  Kepala  Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Hardi Utoyo, M.Si mengatakan maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan ini yaitu untuk melestarikan dan mengembangkan  seni budaya serta diharapkan menarik wisatawan berkunjung ke Kota Pasuruan. Sedangkan sasaran masyarakat Kota Pasuruan. Kegiatan ini dikuti oleh berbagai peserta yakni  pameran keris dan bursa sejumlah 100 peserta, pameran bonsai sejumlah 100 peserta dan peserta pameran seni dan ekraft sebanyak 20 stand.

Dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Bahrul Ulum, MM berharap agar dalam pelaksanaan event Mahakarya Seni Dan Budaya Kota Pasuruan ini, akan melestarikan budaya Indonesia khususnya di Kota Pasuruan sehingga dapat menarik minat wisatawan lokal maupun internasional untuk berkunjung ke Kota Pasuruan yang akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Pasuruan.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta pameran dan pengisi acara yang telah turut berpartisipasi dalam meramaikan acara ini, baik yang berasal dari Kota Pasuruan maupun dari luar Kota Pasuruan sehingga menarik perhatian masyarakat Kota Pasuruan dalam mengenalkan dan melestarikan seni dan budaya, serta memberikan edukasi kepada masyarakat Kota Pasuruan terkait seni dan budaya di Indonesia.

Seusai sambutan diteruskan dengan peninjauan stand pameran oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan, Jajaran Forkopimda Kota Pasuruan serta tamu undangan.