Inspiring City Pasuruan. Sebanyak 5 (lima) orang dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Timur, pada hari Selasa tanggal 28 Januari 2020 berkunjung ke Pemerintah Kota Pasuruan. Dalam kesempatan ini Plt. Walikota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Para Asisten, seluruh OPD dan Camat Se-Kota Pasuruan  menerima kunjungan tersebut di Ruang Untung Suropati Pemerintah Kota Pasuruan. Perlu di ketahui adapun maksud dan tujuan dari kunjungan BPK tersebut adalah untuk memeriksa laporan keuangan Pemerintah Kota Pasuruan tahun anggaran 2019 di setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan. Adapun jumlah hari pemeriksaan adalah  24 hari kalender terhitung mulai tanggal 28 Januari 2020 sampai dengan tanggal 20 Februari 2020. Sedangkan pemeriksaan Pertanggungjawaban Bantuan Keuangan Kepada partai politik (Parpol) dilaksanakan selama 5 hari kalender.

          Dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Bahrul Ulum, MM  menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim pemeriksa BPK Perwakilan Jawa Timur. Serta di harapkan kepada seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan untuk benar-benar bisa membantu kelancaran pemeriksaan BPK serta kooperatif jika diminta dokumen segera dipenuhi.

          Penanggung jawab Tim Pemeriksa Bapak Budi Cahyono berharap kepada Pemerintah Kota Pasuruan untuk terbuka memberikan masukan, opini yang memadai sebagai bentuk prinsip transparansi dan akuntabiltas sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada sehingga bisa memperlancar pemeriksaan karena laporan keuangan sebagai bentuk pengelolaan APBD. Karena APBD merupakan uang rakyat sehingga penggunaannya di batasi dengan aturan-aturan yang ada. Kegiatan harus ada kontribusi kepada masyarakat, kongkrit dan nyata untuk kesejahteraan masyarakat. Disamping itu di harapkan kepada seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan untuk bisa memberikan bantuan ketersediaan data informasi ketika BPK di lapangan.

          Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST mengharapkan kepada seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan untuk bisa koordinasi dan berpartisipasi aktif dalam hal pemeriksaan dan memberikan masukan yang sebenar-benarnya secara  riil dan harus ada tindak lanjutnya.  Dan juga diharapkan agar pada tahun ini Pemerintah Kota Pasuruan bisa memperoleh WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) seperti yang pernah di raih pada tahun sebelumnya.