Inspiring City Pasuruan , Bertempat di Gedung MCC Pemerintah Kota Pasuruan, 
Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST di dampingi Sekretaris Daerah Drs. H. Bahrul Ulum, MM serta Kepala OPD terkait mengikuti Musrenbang RKPD 2021 Provinsi Jawa Timur melalui Teleconference pada hari Senin 27 April 2020. Musrenbang RKPD 2021 Provinsi Jawa Timur di laksanakan di Gedung Negara Grahadi Surabaya Provinsi Jawa Timur. Pada kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indah Parawansa, Wakil Gubernur Jawa Timur Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.sc , Pangdam V Brawijaya Mayjen Widodo Iryansyah,  Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan, Wakil DPRD Provinsi Jawa Timur, Komisi 11 DPRD Jawa Timur, Seluruh Kepala Daerah di wilayah Provinsi Jawa Timur dan Ketua DPRD seluruh Jawa Timur. Tidak hanya itu adapula Kepala OPD terkait di seluruh Jawa Timur, Tokoh Masyarakat dan Ulama.

Pada Kesempatan ini Musrenbang RKPD 2021 Provinsi Jawa Timur 
di buka oleh Menteri Dalam Negeri Prof. H.M Tito Karnavian, Ph. D dengan tema “Mempercepat Pemulihan Ketahanan Ekonomi dan Kehidupan Masyarakat dengan Fokus Pemulihan Industri, Pariwisata,Investasi, Kesehatan, dan Infrastruktur di Jawa Timur”.Menteri dalam Negeri membahas perubahan tema RKPD 2021 sebelum adanya Covid-19 dan sesudah Covid-19. Sebelum adanya Covid-19 RKPD Jawa timur Tahun 2021 bertema “ Meningkatkan Industri, Pariwisata, dan Investasi di Jawa Timur yang di dukung oleh SDM dan Infastruktur untuk Pertumbuhan Berkualitas”. Dan sesudah adanya Covid-19 menjadi “Mempercepat Pemulihan Ketahanan Ekonomi dan Kehidupan
Masyarakat dengan Fokus Pemulihan Industri, Pariwisata, Investasi, Kesehatan,
dan Infrastruktur di Jawa Timur”.

Menteri Dalam Negeri juga menyampaikan 5 (Lima) arahan Utama 
Bapak Presiden yaitu :

  1. Pembangunan SDM,
  2. Pembangunan Infastruktur,
  3. Penyederhanaan Regulasi,
  4. Penyederhanaan Birokrasi, dan
  5. Transformasi Ekonomi.

Selain Menteri dalam Negeri Musrenbang RKPD 2021 Provinsi Jawa Timur juga diisi oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Menteri Keuangan. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional menjelaskan tentang Pokok-Pokok Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021 sedangkan Menteri Keuangan menjelaskan tentang Arah Kebijakan Fiskal 2021 (Kebijakan TKDD 2021).