Inspiring City Pasuruan, Pemerintah Kota Pasuruan menerima 2 (dua) penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur dan Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia atas capaian response  rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SPO). Penghargaan tersebut di serahkan oleh Kepala BPS Provinsi Jawa Timur  Bapak Dr. Dadang HardiwanS.Si, M.Si kepada Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST pada hari Rabu pagi tanggal 22 Juli 2020 di ruang kerja Sekretariat Pemerintah Kota Pasuruan. Pada kesempatan ini hadir Kepala BPS Kota Pasuruan Ibu Sri Kadarwati, S.Si,  MT, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Kota Pasuruan Bapak Kokoh Arie Hidayat, SE, S.Sos, MM dan Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pasuruan Ibu H. Siti Mariyam, S.Sos, MM.

Menurut Kepala BPS Provinsi Jawa Timur Bapak Dr. Dadang Hardiwan, S.Si, M.Si menjelaskan bahwa BPS pada tanggal 15 Februari 2020
sampai dengan tanggal 29 Mei 2020 melaksanakan Sensus Penduduk Online (SPO) di seluruh wilayah Indonesia. Kota Pasuruan mendapatkan Penghargaan dari BPS Provinsi  dan BPS Republik Indonesia atas pencapaian prosentase response rate sekitar 46,56%. Capaian ini tentunya bukan semata-mata dari BPS Kota Pasuruan namun juga atas dukungan Pemerintah Daerah. Selain itu, juga meminta dukungan lagi untuk sensus penduduk lanjutan pada bulan September 2020.

Perlu diketahui Kota Pasuruan menduduki rangking 2 se-Jawa Timur atas capaian response  rate dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online.