Inspiring City Pasuruan. Dalam rangka membangun jaringan gas bumi untuk rumah tangga melalui skema kerjasama Pemerintah
dengan Badan Usaha (KPBU) di Kota Pasuruan. Maka Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia menggelar acara konsultasi publik pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga melalui skema KPBU di Hotel Horison Kota Pasuruan pada hari Selasa tanggal 01 September 2020. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperoleh tanggapan dan masukan dari pemangku kepentingan guna
memastikan kesiapan KPBU. Acara tersebut dilaksanakan dengan video conference (Vidcon) secara virtual dan secara tatap muka. Acara terebut secara resmi dibuka oleh Plt. Walikota Pasuruan, dihadiri Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infastruktur Migas Kementerian ESDM, Staf Ahli Menteri Bidang Perencenaan Strategis Kementerian ESDM, Staf Ahli Kemnaker Bidang Ekonomi dan SDM, Perwakilan PT. PGN, Kepala Subdirektoral Perencanaan Dan Pembangunan Insfrastruktur Migas, Pj. Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, OPD Se-Kota Pasuruan, Camat Se-Kota Pasuruan,Lurah Se-Kota Pasuruan, Narasumber serta undangan lain.

Sebelum sambutan, didahului dengan penandatanganan
berita acara kerjasama konsultasi publik oleh Bapak Plt. Walikota
Pasuruan dengan perwakilan Kementerian ESDM, Camat Se-Kota
Pasuruan dan perwakilan Lurah Se-Kota Pasuruan.Dalam sambutannya,
Plt. Walikota  Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST
menyampaikan ucapan rasa syukur dan terimakasih karena Kota Pasuruan menjadi salah satu dari 9 daerah Se-Indonesia dalam pelaksanaan kegiatan studi pendahuluan pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga melalui skema kerjasama. Pemerintah Kota Pasuruan berkomitmen untuk mendukung penuh program pemasangan jaringan gas bumi untuk rumah tangga.
Pemerintah Kota Pasuruan juga berterima kasih kepada Kementerian
ESDM melalui Dirjen Migas yang telah memberi kesempatan
Kota Pasuruan untuk menerima jaringan gas rumah tangga secara gratis.

Lebih lanjut dikatakan, pada tahun 2018 Kota Pasuruan telah mendapat bantuan pemasangan sambungan pipa gas resmi ibu rumah tangga dari Direktoral Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM  sebanyak 6.314 sambungan rumah (SR) pada tahap selanjutnya 7.003 sambungan rumah yang seharusnya pada pembangunan 2020. Namun karena dengan adanya pandemi Covid-19 sehingga tahap pembangunan harus ditunda pada tahun 2021. Kota Pasuruan sebenarnya tidak hanya siap menerima 7.000 namun sampai 15.000 juga siap, sehingga Kota Pasuruan siap mensukseskan program nasional untuk mewujudkan Kota Pasuruan lebih maju dan sejahtera. Plt. Walikota Pasuruan berharap agar skema KPBU ini dapat menyeluruh Se-Kota Pasuruan terpasang jaringan gas bumi secara gratis. Kita masih memiliki potensi sebesar 35. 213 sambungan rumah yang siap terpasang dimana masyarakat Kota Pasuruan sangat antusias sekali dengan program ini. Selain itu kedepan juga meminta dukungan dan kerjasama baik dari OPD terkait, Camat dan Lurah dalam pembangunan jaringan gas bumi di Kota Pasuruan. Diharapkan juga kepada Camat dan Lurah untuk berperan aktif karena merupakan garda depan Pemerintah yang dapat mensosialisasikan secara langsung kepada masyarakat program-program yang bertujuan mensejahterakan masyarakat baik dari APBN maupun APBD. Seusai sambutan diteruskan dengan pemaparan materi narasumber dari Kementerian ESDM dan Lembaga Migas. (fit)