Aktual

Pjs. WALIKOTA PASURUAN BERTINDAK SEBAGAI INSPEKTUR UPACARA PERINGATAN HARI JADI KE-75 PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2020

Inspiring City Pasuruan. Dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-75 Provinsi Jawa Timur Tahun 2020, Pemerintah Kota Pasuruan pada hari Kamis tanggal 15 Oktober 2018 menyelenggarakan upacara di Halaman Badan Kepegawaian Daerah Kota Pasuruan. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pjs. Walikota Pasuruan, tampak hadir Pj. Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Para Asisten, Para Staf Ahli, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan dan peserta upacara terdiri dari para ASN.

Sambutan Gubernur Jawa Timur dibacakan Pjs. Walikota Pasuruan Bapak Dr. Ardo Sahak, SE, MM mengatakan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur merupakan sarana menumbuh-kembangkan rasa persatuan dan kesatuan, kebanggaan daerah, mendorong semangat memiliki dan membangun daerah serta memperkuat rasa kecintaan masyarakat di wilayah Jawa Timur dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selaras dengan semangat yang digelorakan pada perayaan Hut Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020, yaitu “Indonesia Maju” maka tema yang diambil pada peringatan Hari Jadi ke-75 Provinsi Jawa Timur Tahun 2020, yaitu “Semangat Nawa Bhakti Satya Untuk Jawa Timur Maju” merupakan sebuah tekad, bahwa ditengah pandemi covid-19, semangat untuk mewujudkan masyarakat Jawa Timur yang terdepan, religius dan sejahtera lahir bathin melalui 9 bhakti (Jatim Sejahtera, Jatim Kerja, Jatim Cerdas Dan Sehat, Jatim Akses, Jatim Berkah, Jatim Agro, Jatim Berdaya, Jatim Amanah dan Jatim Harmoni ) bagi Jawa Timur tetap senantiasa kita jaga.

Dalam kesempatan yang baik ini, ijinkan saya mengajak kita semua untuk memperhatikan dan bekerja sepenuh penuhnya untuk mesukseskan 4 hal penting. Pertama; mensukseskan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berlangsung secara serentak di 19 Kabupaten di seluruh Jawa Timur. Mari kita jadikan Jawa Timur sebagai Provinsi yang paling kondusif dalam proses penentuan kepemimpinan secara demokratis, aman, fair dan bermartabat. Saya mengajak pimpinan DPRD, pimpinan partai politik, Kpu, Bawaslu dan unsur penopang penyelenggaran Pemilu lainnya untuk menjaga intergritas dan fairness. Mari kita jaga kualitas demokrasi dengan tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat. Alhamdulillah indeks demokrasi Jawa Timur mengalami perbaikan yang menggembirakan tahun demi tahun. Mari tetap menjaga protokol kesehatan pada setiap tahapan Pilkada. Kedua, khususnya jajaran Pemerintahan Provinsi dan mitra kami dalam Pemerintahan yaitu DPRD Provinsi Jawa Timur dan stake holder utama yaitu dunia usaha, pimpinan perguruan tinggi dan cendekiawan, tetap merapatkan barisan untuk mencapai target kualitatif dan kuantitatif Nawa Bhakti Satya sebagaimana RPJMD yang telah kita rancang dan sepakati bersama. Khusus untuk Aparatur Sipil Negara Provinsi Jawa Timur, saya minta terus meningkatkan kinerja, lebih total dalam bekerja dalam kerangka good governance and efficient bahkan productive government, Pemerintahan yang baik, efisien dan produktif di masa pendemi. Kita masih ingat bahwa pada awal tahun ini, sebulan sebelum pandemi datang, kita telah merancang pembangunan ekonomi Jawa Timur sebagai hub kawasan Indonesia Timur dengan Perpres 80/2019. Kita berdoa agar pendemi segera berakhir sehingga rencana strategis percepatan pembangunan ekonomi di Jawa Timur akan tercapai dan masyarakatnya maju dan sejahtera segera terwujud. Ketiga. Konsistensi dan  kesiapsiagaan penuh dalam mengatasi dampak pandemi covid-19. Kita harus bekerja keras dan cerdas, ihlas dan tuntas. Keempat, secara khusus saya ingin menyampaikan kepada kita semua untuk tetap menjadikan Jawa Timur tetap aman dan kondusif. Kepada seluruh ASN di jajaran Pemerintahan, saya ingin mengingatkan pentingnya merancang keuangan daerah secara cettar (cepat, efektif/efisien, tanggap, transparan, akuntabel dan responsif).

Akhirnya saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, mulai dari jajaran birokrasi pemerintahan khususnya Bupati/Walikota Se- Jawa Timur, jajaran Tni, Polri, Forkopimda secara keseluruhan, instansi vertikal, para pengusaha, pelaku ekonomi, baik UMKM dan koperasi, tokoh agama, kampus, media, seluruh masyarakat Jawa Timur yang telah memberikan kontribusi yang besar bagi keberhasilan pemerintahan dan pembangunan di Jawa Timur. Secara khusus saya ingin menyampaikan terimakasih kepada seluruh tenaga kesehatan baik dokter, perawat, juga kepada sopir ambulance dan petugas pemulasaraan jenazah pasien covid-19. Semoga ALLAH SWT senantiasa meridhoi semua pengabdian dan dharma bhakti  kita sekalian. Dirgahayu Provinsi Jawa Timur, Jawa Timur Jaya Luar Biasa. (pb)